Kabar Latuharary

Rapat Kerja Biro Dukungan Penegakan HAM 2021: Bersinergi Menuju Penegakan HAM yang Efektif

Biro Dukungan Penegakan HAM Komnas HAM RI menyelenggarakan Rapat Kerja bertema “Bersinergi Menuju Penegakan HAM yang Efektif” pada 15 Februari 2021 di Ballroom dan Jasmine Room, Hotel Ayana Midplaza Sudirman. Rapat kerja ini dihadiri oleh Ketua Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik; Wakil Ketua Internal, Munafrizal Mannan; Wakil Ketua Eksternal, Amiruddin; Koordinator Subkomisi Penegakan HAM/Komisioner Mediasi, Hairansyah; Komisioner Pemantauan/Penyelidikan, Mohammad Choirul Anam; Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Gatot Ristanto; Kepala Biro Rencana, Pengawasan, dan Kerja sama, Esrom Hamonangan; Plt. Biro Dukungan Pemajuan HAM, Mimin Dwi Hartanto; serta seluruh jajaran manajemen dan staf pada Biro Dukungan Penegakan HAM Komnas HAM RI dan unit kerja terkait.

Acara dimulai dengan laporan dari ketua panitia Rapat Kerja Kerja Biro Dukungan Penegakan HAM 2021, Nisa Arralinar dan dilanjutkan dengan arahan dari Koordinator Subkomisi Penegakan HAM, Bapak Hairansyah. Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Komnas HAM RI, Bapak Ahmad Taufan Damanik yang sekaligus membuka rapat kerja. Dalam sambutannya, Bapak Ahmad Taufan Damanik menyoroti naiknya perhatian publik terhadap kerja dan pendapat Komnas HAM RI. Ketua Komnas HAM RI juga mengajak para pegawai Komnas HAM RI, secara khusus di Biro Dukungan Penegakan HAM, untuk menyatukan pandangan dan mencurahkan seluruh perhatian, tenaga, dan pikiran demi terwujudnya pembenahan kelembagaan Komnas HAM RI.


Rapat Kerja Biro Dukungan Penegakan HAM 2021 difasilitasi oleh Irhash Ahmadi dan dimulai dengan paparan capaian kerja Biro Dukungan Penegakan HAM tahun 2020 dan rencana kerja tahun 2021 oleh Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Gatot Ristanto. Setelah itu, setiap bagian di dalam Biro Dukungan Penegakan HAM, yaitu Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan, Bagian Pemantauan dan Penyelidikan, dan Bagian Dukungan Mediasi menyampaikan paparan aksi tindak lanjut yang diperoleh dari rapat kerja bagian dan usulan rencana kerja tahun 2022. Dari pembahasan yang dilakukan, didapatkan empat poin aksi tindak lanjut, yaitu terkait koordinasi antar bagian, koordinasi antar biro, kerja sama dengan kementerian/lembaga lain, dan peningkatan kapasitas pegawai. Melalui Rapat Kerja Biro Dukungan Penegakan HAM 2021 diharapkan akan tercapai sinergi dalam menangani kasus aduan ke Komnas HAM RI antar tiga bagian di dalam Biro Dukungan Penegakan HAM.

Pelaksanaan Rapat Kerja Biro Dukungan Penegakan HAM 2021 berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya karena harus beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19. Untuk menghindari kerumunan, rapat kerja yang dihadiri oleh 90 orang peserta dibagi ke dalam dua ruangan: Ballroom dan Jasmine Room. Peserta di Jasmine Room maupun di rumah mengikuti rapat kerja melalui aplikasi Zoom. (LCT)

Short link