Kabar Latuharhary

Jaga Keutuhan Bangsa, Komnas HAM Ajak Merawat Kebinekaan

Tangerang - Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia yang melambangkan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keragaman.


"Kebinekaan harus dirawat sebaik mungkin," ucap Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin saat menjadi narasumber Diskusi Publik dan Peluncuran Buku, Tangerang, Rabu (06/07/2022). 


Kebinekaan, menurutnya, pondasi utama terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus jantung republik yang berperan penting dalam membangun Negara. Ia juga mengajak semua pihak untuk menjaga keutuhan bangsa dengan terus merawat kebinekaan. 


Dalam menjaga kebinekaan, Amir menegaskan setiap orang perlu memiliki kesadaran dalam menanamkan nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam hidup bermasyarakat. "Harus memiliki kesadaran, dan rasa toleran akan perbedaan. Di republik ini tidak ada yang tunggal," ujarnya.


Ia juga menyoroti fenomena politisasi identitas terjadi dalam kancah politik di Indonesia berpotensi mengancam kebinekaan. "Untuk mencapai Indonesia maju, Negara ini memerlukan seorang pemimpin yang mengedepankan tiga prinsip utama, yaitu penghormatan terhadap HAM, keadilan sosial, dan toleransi," jelas Amir. (AM/IW)
Short link