Kabar Latuharhary

Police Art Festival 2022: Kiprah Polisi dalam Pemajuan Hak-Hak Kelompok Rentan

Mewakili Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI), Analis Penyuluhan dan Layanan Informasi, Rebeca Amelia, memenuhi undangan Penutupan Police Art Festival 2022 sebagai mitra kerja sekaligus pengawas kerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Taman Ismail Marzuki (Sabtu, 17/12/2022).

Acara ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Bhayangkara Mural Festival 2021, dengan konsep utama festival adalah nilai kolaborasi, sederhana, dan ramah lingkungan. Yang menarik dari Police Art Festival 2022 ini turut mendukung kesetaraan dan hak-hak penyandang disabilitas yang sangat sejalan dengan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai wujud Polri untuk semua lapisan masyarakat termasuk kaum rentan.


Dalam kesempatan yang sama, Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.,  Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Lemdiklat), dalam pidato penutupannya mewakili Kapolri menegaskan Kembali komitmen Polri dengan menyatakan Lemdiklat sudah membuat kurikulum untuk kelompok rentan perempuan, ibu, anak, disabilitas dan jompo. Kurikulum tersebut sudah masuk dalam Buku “Etika Pelayanan Terhadap Kelompok Rentan” dan rencananya akan disampaikan ke semua tingkatan pendidikan Polri.

We love you and we will protect you forever,” Rycko menutup pidatonya dengan menyatakan kurikulum ini adalah bentuk kepedulian dan rasa kasih sayang kepada kelompok rentan terutama teman-teman disabilitas yang turut hadir dalam acara tersebut. Komnas HAM RI selalu mendukung setiap program Polri yang inklusi sesuai dengan nilai Hak Asasi Manusia dan semoga tujuan kegiatan dan kurikulum tersebut di atas dapat tercapai.

 

Penulis: Rebeca Amalia

Editor: Hari Reswanto

Short link