Kabar Latuharhary

Memetakan Persoalan HAM Bersama BPIP

Kabar Latuharhary – Komnas HAM menerima kunjungan kerja (kunker) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia pada Selasa, 10 Januari 2023, di Ruang Rapat Bagian Dukungan Pendidikan dan Penyuluhan HAM Komnas HAM. Kunjungan kerja ini diterima oleh Penyuluh HAM Komnas HAM Rusman Widodo dan Eka Christiningsih, Perencana Kajian Kebijakan Ono Haryono, Staf Analis Kebijakan Ahli Pertama Zsabrina Marchsya serta Staf Publikasi Komnas HAM Niken Sitoresmi.

 

Tamu dari BPIP terdiri dari 3 orang yaitu: Andy Apriyanto (Koordinator); Sonia Alfiyana; dan Rini Astuti. Andy Apriyanto Koordinator Bidang Polhukam Direktorat Advokasi Bidang Hukum dan   Pengawasan Regulasi BPIP selaku perwakilan rombongan menyampaikan sambutan dan menjelaskan tujuan dan harapan dari kedatangan mereka ke Komnas HAM. Andy Apriyanto menyampaikan bahwa tujuan kunker BPIP adalah untuk melakukan pemetaan masalah yang menyangkut Hak Asasi Manusia serta pemetaan regulasi yang berpotensi tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

 

“Kami hendak mempelajari lebih lanjut serta melakukan belanja masalah terkait HAM, khususnya yang berhubungan dengan Pancasila. Pada Direktorat Advokasi Bidang Hukum dan Pengawasan Regulasi BPIP yang kami ampu saat ini, BPIP melakukan pembinaan masalah, pendekatan mediasi, dan penyelesaian masalah yang menyangkut ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, juga memberikan rekomendasi regulasi-regulasi yang akan diajukan kepada presiden. Komnas HAM kami yakini memiliki data pengkajian serta penelitian terkait hal dimaksud, harapannya Komnas HAM dengan BPIP dapat bergandengan tangan ke depan”, ujar Andy Apriyanto.

 

Pada kunjungan tersebut, acara dibuka oleh Rusman -- sapaan akrab Rusman Widodo. Rusman memberikan pengantar dan memaparkan tentang profil Komnas HAM serta sejumlah kinerja yang telah dan akan dilaksanakan oleh Komnas HAM. Dilanjutkan dengan pemutaran film profil Komnas HAM yang berdurasi sekitar 3,4 menit.

 

Menguatkan poin-poin yang disampaikan Rusman, Eka Christiningsih menyampaikan beragam isu HAM lainnya yang telah ditangani oleh Komnas HAM, kasus dugaan pelanggaran HAM dan pihak yang paling banyak diadukan ke Komnas HAM serta isu prioritas Komnas HAM tahun 2023 ke depan. “Identifikasi kami, pihak yang paling banyak diadukan adalah kepolisian. Mulai tahun 2023 ada sembilan fokus isu, antara lain, pelanggaran HAM yang berat, HAM dan konflik Papua, konflik agraria, kelompok rentan, pelindungan Pembela HAM, kebebasan beragama dan berkeyakinan, bisnis dan HAM, antisipasi Pemilu 2024, dan monitoring RANHAM 2021-2025”, kata Eka Christiningsih.


 


Lebih dalam, terkait kerja-kerja yang telah dilakukan Komnas HAM, disampaikan oleh Ono Haryono. Bidang Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM melakukan kajian atas beragam peraturan di tingkat pusat dan daerah, juga mengkaji mekanisme internasional serta mengkaji masalah/situasi HAM. “Tahun 2022, ada beberapa undang-undang yang kami kaji, di antaranya RKUHP, ILO, UU ITE, IKN. Selain itu, kami juga membuat semacam terobosan dengan membuat Standar Norma dan Pengaturan (SNP), kami sudah berhasil membuat 11 SNP. Tahun 2023 kami akan mem-produce SNP Bisnis dan HAM,” tutur Ono Haryono.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi pemetaan isu-isu HAM. Sejumlah isu yang muncul menjadi bahan diskusi yaitu terkait LGBT, inklusi di lembaga pendidikan, program pengkajian dan penelitian yang telah dilakukan kedua belah pihak, kampanye HAM, serta kemungkinan-kemungkinan kerja sama yang dapat dibangun ke depan. BPIP berkomitmen akan membawa beragam isu serta poin-poin catatan hasil kunjungan kerja ini untuk disampaikan kepada pimpinan mereka.

 


Terkait Indonesia Inklusi, perlu kita dorong ke depan dan ini akan kami bawa ke pimpinan. Kami harap bisa melakukan kerja bersama serta kolaborasi ke depan, target kami ada 30 kajian. Nanti hasilnya akan jadi rekomendasi bersama”, ungkap Andy Apriyanto.

 

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa terbitan Komnas HAM kepada BPIP serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Penulis: Niken Sitoresmi 

Editor: Rusman Widodo

Short link