Kabar Latuharhary

Pusdahamnas, Meniti Jalan Peningkatan Literasi HAM Publik


Tangerang Selatan-Data terkait hak asasi manusia menjadi modalitas utama bagi Komnas HAM dalam percepatan literasi HAM bagi publik.

Untuk mewujudkan pengembangan database HAM secara optimal, Komnas HAM menyelenggarakan “Workshop dan Pelatihan Pendayagunaan Sistem Informasi Pusat Sumber Daya Hak Asasi Manusia Nasional (Pusdahamnas)” pada 11-12 Juli 2023. Kegiatan dibuka oleh Koordinator Sub Komisi Pemajuan HAM Komnas HAM Anis Hidayah, Selasa (11/7/2023).

Workshop ini membahas dan menyusun strategi optimalisasi Pusdahamnas yang akan dikembangkan konten serta fitur perangkat online Audit HAM dan Anggaran Ramah HAM. 

“Workshop ini penting sekali dilakukan untuk memastikan bahwa keberadaan Pusdahamnas memberikan manfaat sesuai tujuannya, yaitu menjadi referensi bagi masyarakat luas termasuk akademisi, peneliti, dan pemerintah dalam pengambilan keputusan dan sebagai bahan penelitian untuk hak asasi manusia,” sebut Anis.

Penguatan Pusdahamnas, disebutnya, penting untuk peningkatan pusat data HAM dan literasi publik tentang hak asasi manusia. Fitur terbaru yang tengah dikembangkan, yaitu audit HAM dan Anggaran Ramah HAM juga tak kalah penting.

"Audit HAM penting sebagai suatu instrumen yang akan dirumuskan Komnas HAM untuk melakukan penilaian performa kinerja Pemerintah sebagai pemangku kewajiban dalam penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak asasi manusia di Indonesia sehingga kedepan kita bisa mengetahui bagaimama kinerja itu sekaligus juga didorong untuk memotivasi Pemerintah untuk memiliki kinerja lebih baik dalam pemenuhan, penghormatan dan pelindungan hak asasi manusia sebagai media perbaikan kinerja," jelas Anis.

Menyoal konsep Anggaran Ramah HAM, instrumen ini memberikan panduan kepada Pemerintah baik pusat dan daerah dalam merencanakan penganggaran agar berperspektif hak asasi manusia dan memiliki komitmen memastikan program dan agenda-agenda penghormatan, pelindungan dan pemenuhan HAM tercermin dalam program-program Pemerintah yang tercermin sejak tahap perencanaan.
Hadir dalam kegiatan ini Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Esrom Hamonangan Panjaitan beserta jajaran Biro Dukungan Pemajuan HAM.

 Peserta atau penerima manfaat yang hadir dalam kegiatan ini, antara lain perwakilan unit kerja Komnas HAM, mitra Pusdahamnas Komnas HAM dari Lembaga HAM Nasional, akademisi pengajar HAM dan pusat studi HAM (Ubaya, UII dan Universitas Negeri Medan) serta organisasi masyarakat sipil (SAFEnet).

Narasumber dan ahli dalam kegiatan ini, yakni Anggota Komnas HAM 2012-2017 Roichatul Aswidah, Fasilitator HAM Idaman Andarmosoko, Praktisi Teknologi Irendra Radjawali, Content Creator Koeshondo Wiweko W, Peneliti HAM Papang Hidayat serta Peneliti Hukum dan HAM Cekli Setya Pratiwi. (AAP/IW)

Short link