Kabar Latuharhary

Perkuat Pemajuan dan Penegakan HAM, Komnas HAM Dapat Fasilitas Kantor Baru

Jakarta-Komnas HAM mendapat amanah prasarana kantor baru untuk memperkuat upaya pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia.
 
“Sejak berdirinya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia telah berkomitmen untuk melindungi dan memajukan hak asasi manusia di seluruh pelosok negeri. Gedung baru ini akan menjadi markas bagi semangat kami dalam menjalankan tugas mulia ini dengan lebih efektif dan professional," tutur Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM Abdul Haris Semendawai dalamnsambutannya saat Serah Terima Barang Milik Negara (BMN) Badan Riset dan Inovasi Nasional kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Senin (7/8/2023). 

Semendawai juga menginformasikan kronologi status kantor baru Komnas. Diawali pertemuan antara Ketua dan Anggota Komnas HAM bersama Presiden RI pada 16 Januari 2023. Berlanjut dengan izin dari Menteri Keuangan melalui surat Nomor S-150/MK.6/KNL.0701/2023 tanggal 27 Juli 2023, dan surat Nomor S-151/MK.6/KNL.0701/2023 tanggal 27 Juli 2023, status penggunaan gedung ini secara resmi berpindah dari BRIN ke Komnas HAM.  

Disampaikan pula bahwa Komnas HAM mengapresiasi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dan Badan Riset dan Inovasi Nasional, atas kerja sama dan kesediaannya untuk mengalihkan penggunaan gedung kantor yang beralamat di Jalan Cisadane Nomor 25, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat kepada Komnas HAM.  

“Kami percaya bahwa dengan adanya fasilitas yang lebih memadai, lingkungan yang nyaman, dan sarana yang modern, semangat, dan semakin meningkatnya semangat anggota dan seluruh tim Komnas HAM akan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan bangsa,” tutur Semendawai. 

Dalam kegiatan ini turut hadir para Anggota Komnas HAM RI, Sekretaris Utama BRIN Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas, Sekretaris Jenderal Komnas HAM Henry Silka Inna, Inspektur I BRIN Arief Hadianto, Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan,   Kepala Biro Manajemen BMN dan Pengadaan BRIN Arywarti Marganingsih, Kepala Biro lingkup Setjen Komnas HAM beserta jajaran pejabat struktural dan fungsional Komnas HAM RI. (SP/IW)

Short link