Kabar Latuharhary

Sinergi Komnas HAM dan Kemenkumham dalam Peringatan Hari HAM Sedunia 2023

Kabar Latuharhary – Komnas HAM melakukan pertemuan dengan Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, untuk membahas terkait rencana kerja sama terkait pelaksanaan peringatan Hari HAM sedunia 2023, diskusi ini dilakukan secara onsite di Kantor Ditjen HAM Jakarta, pada Jumat 11 Agustus 2023.

Diskusi ini merupakan tindak lanjut dari Stakeholder Meeting terkait peluang kerja sama peringatan Hari HAM yang dilakukan oleh Komnas HAM dengan mengundang berbagai mitra, salah satunya ialah Ditjen HAM. Pada kesempatan kali ini, hadir Komisioner Komnas HAM Bidang Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina, Sekretaris Jenderal Ditjen HAM Aman Riyadi, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM Darsyad, Person in Charge Hari HAM Komnas HAM Muhammad Arief Yaenudin dan Annisa Radhia, Bagian Kerja sama Komnas HAM, dan perwakilan tim Hari HAM Komnas HAM serta Ditjen HAM.

Tim Hari HAM Komnas HAM sebelumnya sudah memiliki konsep kegiatan pelaksanaan Hari HAM 2023, yang mengusung tema “Harmoni dalam Keberagaman” dengan tagline #BedaUntukBersatu. Melalui Hari HAM, Komnas HAM berharap dapat menjadi momentum untuk menyampaikan dan menguatkan narasi  persatuan dan toleransi  khususnya untuk generasi muda dalam menyuarakan perdamaian serta membangun pemahaman dan kesadaran publik terhadap berbagai isu HAM, khususnya dalam menyambut Pemilu tahun 2024 yang mana merupakan salah satu isu prioritas Komnas HAM 2022-2027.

Pada diskusi kali ini, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina menyampaikan bahwa setiap tahunnya Komnas HAM melakukan kegiatan dari dan untuk Masyarakat dalam mempromosikan Kampanye HAM. “Tempat pelaksanaan harus yang memiliki aksesibilitas untuk Masyarakat mudah, lancar dan tidak berbiaya. Seperti tahun lalu puncak acara Hari HAM, Komnas HAM adakan di terowongan Kendal karena akses Masyarakat sangat mudah”, ucap Putu


Untuk rangkaian kegiatan, lanjut Putu sebelum hari puncak pada 10 Desember 2023, Komnas HAM telah menyusun berbagai rencana kegiatan menuju peringatan Hari HAM 2023. “Sebelum 10 Desember, Pra Hari HAM sudah dipadati kegiatan, yakni, Kompetisi Komik HAM Digital, beberapa diskusi dengan beberapa tema seperti Hari Literasi Internasional, Hari Toleransi Internasional, dan lain sebagainya. Selain itu, para mitra yang terlibat pun dapat melakukan kegiata sesuai dengan tusi mereka, dengan memasukan logo Hari HAM,” kata Putu.

Terkait kolaborasi dengan Ditjen HAM, Putu menyampaikan bahwa ada beberapa concern salah satunya ialah anugerah Kabupaten Kota HAM. “Komnas HAM tidak pernah membuat anugerah khususnya terkait Kabupaten/Kota HAM. Kami justru biasa nya melakukan pelatihan Kabupaten/Kota HAM, bukan penganugerahan. Oleh sebab itu, diperlukan kematangan konsep acara agar tidak merubah “warna” dari peringatan Hari HAM setiap tahun, karena sejatinya peringatan ini adalah momen yang ringan, merakyat dan mudah diakses oleh Masyarakat umum,” tutur Putu.

Sekretaris Jenderal Ditjen HAM Aman Riyadi, menyampaikan bahwa dirinya berharap Ditjen HAM dan Komnas HAM dapat bersinergi dalam peringatan Hari HAM sedunia 2023 dengan tema yang telah diusung oleh Komnas HAM sebelumnya, yakni “Harmoni dalam Keberagaman”. “Peringatan Hari HAM 2023 mungkin bisa jadi awal kolaborasi Dirjen HAM dan Komnas HAM, selanjutnya kegiatan lainnya bisa dikolaborasikan juga. Kami berharap bisa bersinergi dengan Komnas HAM, dan mudah-mudahan Presiden juga bisa hadir nanti di peringatan Hari HAM,” ujar Aman.

Terikait prosesi penganugerahan, lanjut Aman di peringatan Hari HAM yang dilaksanakan Kemenkumham memang selalu memberikan penghargaan Kabupaten/Kota HAM. Namun tahun ini, Kemenkumham tidak akan mengundang semua Kabupaten/Kota HAM, hanya kurang lebih 10 Kabupaten/Kota saja.

Untuk tahun ini, penghargaan Kab/Kota HAM kami sengaja pangkas waktu dan banyaknya yang diberikan di pusat, hanya yang terbaik dari yang terbaik saja yang diundang ke pusat. Maksimal 10 jadi tidak akan memakan banyak waktu. Untuk konsep di hari puncak, kita bisa diskusikan konsep kolaborasinya,”kata Aman.

Menanggapi hal tersebut, Putu Elvina menyampaikan bahwa sebagai win win solution dalam sinergi peringatan hari ham. Pada hari puncak 10 desember, Komnas HAM harus tetap menyampaikan pidato terkait situasi  HAM di Indonesia selama 2023. “Penyampaian pidato dari Ketua Komnas HAM tekait situasi HAM di Indonesia selama 2023 sangat penting untuk disampaikan pada hari puncak 10 Desember, sebagai refleksi bersama terkait HAM di Indonesia.” Ungkap Putu.

Lebih lanjut, dalam diskusi Komnas HAM dan Kemenkumham sepakat untuk bersinergi dalam peringatan Hari HAM 2023, dengan susunan acara di hari puncak akan didiskusikan kembali. Rencana tindak lanjut dari diskusi ini ialah penetapan lokasi pelaksanaan, pembuatan flyer, mengunggah flyer kegiatan yang akan segera dilakukan, dan beberapa rencana tindak lanjut lainnya.

Penulis : Annisa Radhia

Editor : Liza Yolanda 

Short link