Kabar Latuharhary

Komnas HAM Gelar Kompetisi Komik HAM Digital

Kabar Latuharhary – Media populer menjadi salah satu wadah yang tepat untuk mengkampanyekan hak asasi manusia. Banyak pegiat HAM  termasuk para artis menyalurkan suara HAM nya melalui karya yang diciptakan, mulai dari film, lagu, lukisan, fotografi, hingga komik pun dijadikan media kampanye HAM.

Melihat perkembangan media populer, Komnas HAM kerap kali melakukan kegiatan-kegiatan dengan menggunakan media populer sebagai alat kampanye. Seperti Peringatan Hari HAM 2022, Komnas HAM menggelar pameran fotografi bertemakan hak asasi manusia, yang diselenggarakan di terowongan Kendal, Jakarta.

Untuk tahun ini, sebagai salah satu rangkaian menuju peringatan Hari HAM Sedunia 2023, Komnas HAM menggelar kompetisi komik HAM digital dengan tema “Harmoni dalam Keberagaman” dan tagline #BerbedaUntukBersatu”. Melalui Kompetisi komik ham digital ini, Komnas HAM memberikan ruang untuk  masyarakat dapat berekspresi menggunakan media komik.



Kompetisi ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Beberapa persyaratan untuk mengikuti kompetisi komik HAM digital seperti, karya harus sesuai dengan tema, milik sendiri, orisinal, belum pernah diikutsertakan dalam lomba, tidak bersifat SARA dan Pornografi, dan lain-lain. Penjurian hasil karya kompetisi komik digital ini akan dilakukan oleh juri yang kompeten dibidangnya, yakni Komunitas Komik; Komikin Ajah, Penyuluh HAM Komnas HAM, Hari Reswanto, dan salah satu juri dari illustrator. Kriteria penilaian dari kompetisi ini meliputi, Kesesuaian dengan Tema (20%), Kekuatan dan Daya Tarik Cerita (30%), Kreatifitas Desain (25%), Orisinalitas (25%).

Setelah selesai kurasi karya, tiga karya terbaik juara pertama, kedua dan ketiga tentunya akan mendapatkan hadiah berupa uang, dan 3 karya terbaik beserta beberapa karya favorit hasil karya komiknya akan ditampilkan pada Pameran Komik HAM di Perpustakaan Nasional, pada 4 s.d. 9 Desember 2023, serta pada hari Puncak peringatan Hari HAM di Lapangan Banteng, pada 10 Desember 2023.

Untuk detail persyaratan lainnya, dapat dilihat melalui media sosial Komnas HAM di Instagram @komnas.ham, dan terkait cara mendaftar serta mengirimkan karya dapat melalui link https://bit.ly/KompetisiKomikHAM . Yuk segera daftar dan kirimkan karya kalian karena Kompetisi Komik HAM Digital ini akan dibuka sampai dengan tanggal 19 November 2023.

 

Penulis : Annisa Radhia

Editor : Liza Yolanda


Short link