Kabar Latuharhary

Komnas HAM Resmi Menerima DIPA 2024


Jakarta - Presiden RI Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 format digital kepada seluruh Menteri/PimpinanLembaga/Kepala Daerah selaku pengguna anggaran di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro hadir secara langsung dan menerima secara simbolis DIPA 2024.

Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya mengingatkan untuk terus waspada dan cermat dalam menghadapi potensi krisis dan resesi yang semakin menguat. Ia mengamanatkan untuk menggunakan anggaran secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran; mengedepankan transparansi dan akuntabilitas, jangan membuka celah sedikitpun untuk penyalahgunaan anggaran maupun tindak korupsi; mengeksekusi realisasi anggaran dan belanja anggaran sesegera mungkin dimulai di awal tahun; menyiapkan antisipasi ketidakpastian melalu automatic adjustment serta lincah dalam menghadapi ketidakpastian yang mengintai setiap saat.

"Ingat bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan adalah uang rakyat sehingga fokus pada hasil, orientasinya hasil, dan yang paling penting bermanfaat maksimal bagi rakyat," ungkap Presiden Joko Widodo. Ia juga menekankan sinergi dan harmonisasi kebijakan pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah yang selaras. (AAP/IW)
Short link