Kabar Latuharhary

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75, Merakyat dan Meriah

Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 pada 10 Desember 2023 berlangsung merakyat dan meriah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Komnas HAM berkolaborasi dengan Ditjen HAM Kementerian Hukum dan HAM mengangkat tema “Harmoni dalam Keberagaman” dalam peringatan tersebut. Dalam rangka sosialisasi publik, Komnas HAM pun membuka anjungan pelayanan pengaduan dan  konsultasi HAM serta edukasi HAM untuk anak melalui pappercrafting "Super Duham". Selain itu, terdapat pula anjungan Komnas Perempuan dan pemeriksaan kesehatan perkumpulan mahasiswa kedokteran Scorp-Cimsa.

Mengawali perhelatan tersebut, Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan wawancara dengan berbagai media. Atnike menyampaikan bahwa keberagaman menjadi aset bangsa dan dapat menjadi sumber-sumber budaya yang maju.


Peringatan Hari HAM ini untuk pertama kali digelar melalui kolaborasi antara Komnas HAM dan Kementerian Hukum dan HAM. Sebelum puncak Peringatan Hari HAM, panitia gabungan telah menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan khalayak umum mulai dari lomba mewarnai bagi SD dan sederajat, lomba melukis bagi SMP dan sederajat, kompetisi pembuatan komik HAM digital dan pameran komik dan sebagainya. Panitia juga menghadirkan Farel Prayoga sebagai bintang tamu.








Short link