Kabar Latuharhary

Komnas HAM dan BRIN Perkuat Kerja Sama di Bidang Pemajuan HAM

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sepakat bekerja sama di bidang riset dan inovasi serta pemanfaatannya untuk mendukung pemajuan hak asasi manusia.

“Penandatanganan ini merupakan awal kerja sama untuk diimplementasikan, karena kerja sama Komnas HAM dan BRIN telah dilakukan sejak tahun 2023, yaitu melalui dukungan kepada Komnas HAM secara fisik dengan serah terima aset bangunan kantor ke Komnas HAM atas persetujuan Kementerian Keuangan,” tutur Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro saat seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman, Jumat (18/1/2024) di Gedung BJ Habibie BRIN, Jakarta Pusat. 



Kerja sama yang disepakati terdiri atas 7 (tujuh) poin, di antaranya:
a. penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi di bidang hak asasi manusia yang bersifat regular, strategis maupun yang bersifat mendesak sebagai respon cepat (urgen) atas suatu keadaan;
b. pelaksanaan kegiatan lokakarya, pelatihan, seminar, dan kegiatan ilmiah lainnya;
c. pertukaran personil dan/atau tenaga ahli;
d. pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang hak asasi manusia;
e. pemanfaatan sumber daya dan fasilitas;
f. pemanfaatan Sistem Informasi Pusat Sumber Daya Hak Asasi Manusia (Pusdahamnas) sebagai instrumen berbagi pakai data, dokumen dan informasi HAM; dan
g. kegiatan lain yang disepakati.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan siap berkolaborasi dalam membuat rekomendasi kebijakan, naskah akademis, dan juga forum-forum internasional terkait HAM. Lantaran BRIN memiliki banyak riset beserta sumber daya manusia peneliti dari berbagai latar belakang keilmuan. BRIN juga berterima kasih atas kepercayaan Komnas HAM kepada BRIN dan siap berkomitmen mendukung sebagai bagian dari pemerintah Indonesia.  
Hadir pula Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Abdul Haris Semendawai, Sekretaris Jenderal Komnas HAM Henry Silka Innah, Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Gatot Ristanto, Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Esrom Hamonangan P, serta jajaran unit kerja Komnas HAM terkait. 

Sedangkan jajaran BRIN diwakili oleh para Anggota Dewan Pengarah BRIN, Sekretaris Utama, Inspektur Utama, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan, Deputi Bidang Kebijakan Riset dan Inovasi, Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi, serta jajaran unit BRIN terkait lainnya. (SP/IW)

Short link