Kabar Latuharhary

Komnas HAM menjadi Alternatif Kuliah Lapangan

Kabar Latuharhary – Komnas HAM melalui Bidang Dukungan Penyuluhan menerima kunjungan kuliah lapangan para mahasiswa Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi di Jakarta pada Selasa (27/02/2024). Kunjungan yang dihadiri oleh 80 mahasiswa ini diterima langsung oleh Wakil Ketua Bidang Internal Komnas HAM, Pramono Ubaid Tanthowi secara daring dan tim Penyuluh Komnas HAM secara onsite.

Pramono membuka kunjungan ini didahului dengan permintaan maaf karena sedang turun ke lapangan sehingga tidak dapat hadir secara onsite. Dalam pembukaannya, Pramono menyampaikan apresiasinya dan dilanjutkan dengan menjelaskan peran, fungsi, dan wewenang Komnas HAM berdasarkan mandat di Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Kunjungan dilanjutkan dengan sesi diskusi Bersama tim Penyuluh Komnas HAM yang diwakili oleh Roni Giandono dan Dendy Arifianto. Tidak sedikit mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalamannya terkait hak asasi manusia, termasuk Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Ujuh Juhana. Ujuh menanyakan terkait susahnya pembangunan rumah ibadah dan meminta solusi kepada Komnas HAM atas hal tersebut.

Mananggapi pertanyaan Ujuh, Roni meminta kepada semua pihak yang merasa sulit dalam membangun sebuah rumah ibadah dapat melaporkan kepada Komnas HAM, jika memang ada indikasi pelanggaran HAM maka akan ditindaklanjuti permasalahannya oleh Komnas HAM. “Dalam hukum HAM negara bertanggung jawab untuk melindungi, memenuhi dan menghormati,” ucap Roni.


Roni turut menjelaskan jika Komnas HAM merupakan lembaga negara yang independen karena anggota komisionernya tidak dipilih berdasar partai politik, tidak dipilih oleh Presiden, namun ada panitia seleksi secara terbuka yang kemudian hasil para calon dilanjutkan ke komisi III DPR RI.

Pada akhir kunjungan, tim penyuluh mempromosikan media-media sosial milik Komnas HAM yang dapat dikunjungi oleh para mahasiswa bila ingin memperbarui informasi terkait HAM. Kunjungan ditutup dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan oleh kedua belah pihak yang dilanjutkan dengan foto bersama.

 

Penulis: Andri Ratih

Editor: Banu Abdillah

Short link