Kabar Latuharhary

Komnas HAM Jalin Kerja Sama Pemajuan HAM dengan UNDANA Kupang dan USN Kolaka

Tangerang Selatan - Komnas HAM menambah jejaring kemitraan demgan perguruan tinggi di bidang pemajuan hak asasi manusia. 


Komnas HAM kali ini menandatangani komitmen kerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (UNDANA) dan Universitas Sembilan Belas November Kolaka (USN Kolaka).  


Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Komnas HAM dengan kedua kampus tersebut terkait kerja sama tentang Pemajuan Hak Asasi Manusia Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seremonial dilakukan oleh Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dengan Rektor UNDANA Prof. Dr. drh. Maxs UE Sanam, M.Sc. serta perwakilan USN Kolaka di kawasan BSD Tangerang Selatan, Selasa (2/4/2024).


Sementara untuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Komnas HAM dan Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNDANA dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Komnas HAM dengan Dekan Fakultas Hukum serta Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik secara sirkuler.


Sedangkan penandatanganan dengan pihak USN Kolaka disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama USN Kolaka Rina Rembah karena naskah kerja sama dilakukan secara sirkuler.


Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro mengapresiasi terwujudnya kerja sama dengan kedua pihak tadi. Hal ini, menurut Atnike, menandakan perguruan tinggi di Indonesia mulai progresif mengembangkan konsep pembelajaran tentang hak asasi manusia dalam proses pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.


"Sepanjang lima tahun terakhir, Komnas HAM telah menjalin kemitraan dengan sekitar 30 perguruan tinggi dan kami merasakan manfaat luar biasa dalam  mengembangkan program kerja, produk serta rekomendasi Komnas HAM bagi masyarakat. Karena itulah saya optimistis, kerja sama kali ini akan menambah kontribusi Para Pihak kepada masyarakat dan menjadi investasi bagi masa depan bangsa Indonesia yang akan melahirkan generasi muda berwawasan HAM. Tentunya kerja sama ini diharapkan implementatif untuk memperjuangkan terwujudnya situasi yang kondusif bagi situasi HAM di Indonesia, termasuk di lingkup perguruan tinggi," jelas Atnike.


Kegiatan pendatanganan ini disaksikan oleh Wakil Ketua Internal Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi, Koordinator Sub Komisi Pemajuan HAM Anis Hidayah, Komisioner Pengkajian dan Penelitian Saurlin P. Siagian, Komisioner Pengaduan Hari Kurniawan, Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Esrom Hamonangan P serta jajaran Anggota Tim Pusdahamnas Komnas dan unit terkait.


Perwakilan UNDANA turut hadir  antara lain Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Paul G Tamelan, M.Si., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Prof. Dr. Jefri S Bale, ST, M.Eng., Dekan FISIP Dr. William Djani,  Wakil Dekan I Fakultas Hukum Bapak Dr. Jeffry A. Ch. Likadja, SH, MH.


Sementara dari USN Kolaka hadir Dekan Fakultas Hukum Rizka Eka Mayasari, dan Staf Khusus Rektor Basrawi.
Short link