Kabar Latuharhary

Festival HAM 2024 Mendapat Dukungan Pemprov Sulawesi Utara

Kabar Latuharhary – Festival HAM 2024 akan diselenggarakan di Kota Bitung. Pada tahun ini Festival HAM di Bitung mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara.

Panitia tim pelaksana dari 4 lembaga, Komnas HAM, KSP, INFID, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melakukan audiensi dengan Pemprov Sulawesi Utara. Kedatangan tim diterima baik dan mendapatkan respon positif dari Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw beserta jajaran di Kantor Gubernur, Kota Manado, Rabu (05/06/2024).

Steven menyatakan Pemprov Sulawesi Utara akan mendukung pelaksanaan Festival HAM 2024 di Kota Bitung pada 29 – 31 Juli mendatang. Demi menyukseskan dan memeriahkan Festival HAM 2024, Steven akan mengimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Utara untuk hadir dan saling berbagi praktik baik dari pemerintah daerah lainnya.

Selain itu, Steven juga meminta tim panitia pelaksana Festival HAM 2024 untuk adanya pelibatan unsur orang muda. Hal ini senada dengan satu dari beberapa kegiatan pra Festival HAM 2024 yaitu Festival HAM goes to campus.

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Gatot Ristanto yang turut hadir dalam audiensi ini pun menjawab dengan tegas bila pelaksanaan Festival HAM 2024 akan melibatkan orang muda. Hal ini didasarkan pada kerja-kerja Komnas HAM, khususnya dalam bidang pemajuan HAM, telah menyelenggarakan beragam kegiatan yang menyasar orang muda, seperti Komnas HAM goes to campus atau Komnas HAM Jelas! (Jelajah Universitas).

“Perlu literasi hak asasi manusia untuk orang muda yang sebenarnya menjalankan nilai-nilai HAM dalam kesehariannya,” imbuh Gatot.

Gatot pun menjelaskan bila Festival HAM 2024 nantinya tidak hanya mengundang pemerintah kabupaten/kota saja, tetapi juga turut mengundang kementerian/lembaga, universitas-universitas, komunitas, lembaga regional/internasional, serta kedutaan besar yang ada di Indonesia.

Komnas HAM bersama Kantor Staf Presiden (KSP) dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) menyelenggarakan kegiatan rutin yang bernama Festival HAM setiap tahunnya. Kegiatan ini menjadi ruang penting untuk berbagi praktik baik dalam menghormati, melindungi, dan memajukan hak asasi manusia (HAM) di suatu daerah kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah pelaksanaan.

Perlu diketahui, selain dari Komnas HAM, pertemuan ini juga dihadiri oleh Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan HAM Kepala Staf Kepresidenan Rumadi Ahmad beserta jajaran; Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Steve Hartke Andries beserta jajaran; Asisten II Walikota Bitung Sikamang dan Asisten III Walikota Bitung Beni Lonto beserta jajaran; dan Program Officer Demokrasi dan HAM INFID Ari Wibowo.

 

Penulis: Andri Ratih

Editor: Banu Abdillah

Short link