Rekam Media

Komnas HAM: Kedua Capres Tidak Banyak Singgung Soal Keamanan Saat Debat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Ahmad Taufan Damanik menilai kedua Capres, baik Jokowi dan Prabowo tidak banyak membahas isu keamanan dalam debat keempat, Sabtu (30/3/2019) lalu.

Hal itu disampaikan Taufan saat konferensi pers penyampaian catatan kritis terhadap debat keempat Capres di Kantor Komnas HAM RI, Menteng Jakarta Pusat pada Senin (1/4/2019).

"Soal pertahanan keamanan di debat kemarin. Fokusnya lebih banyak bicara tentang pertahanan. Masing-masing punya gagasan. Kita tidak mau memperdebatkan soal gagasan, silahkan saja publik. Tetapi soal keamanan tidak banyak diungkap. Padahal sebagai orang Indonesia, kita sehari-hari itu lebih banyak berhadapan dengan sistem keamanan, dengan kepolisian kita," kata Taufan.

Dalam hal ini Taufan menyoroti kedua capres hanya berkutat di pertahanan yang sifatnya dari serangan luar namun tidak membahas terkait isu-isu spesifik terkait pertahanan yang berkaitan dengan keamanan.

Taufan mencontohkan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di mana TNI juga dilibatkan dalam menjaga keamanan misalnya perbantuan penanganan terorisme atau penanganan bencana alam.

"Operasi militer selain perang, itu di mana tentara terlibat dalam hal yang sebetulnya urusan pihak keamanan, tapi dibenarkan undang-undang. Jadi kita ingin tahu, bagaimana pertahanan kita yang kemudian masuk dalam keamanan itu menjalankan prinsip-prinsip hak asasi manusia," kata Taufan.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Komnas HAM: Kedua Capres Tidak Banyak Singgung Soal Keamanan Saat Debat, http://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/01/komnas-ham-kedua-capres-tidak-banyak-singgung-soal-keamanan-saat-debat.

Penulis: Gita Irawan       

Editor: Malvyandie Haryadi