Rekam Media

Komnas HAM Temukan Ada Warga Binaan Lapas Cipinang Tak Bisa Mencoblos Pemilu 2019

Merdeka.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat masih banyak masyarakat tak dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Seperti sejumlah warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, Lapas Cipinang ada 4 ribu lebih warga binaan. Menurut dia, jumlah surat suara disediakan penyelenggara Pemilu 2019 di Lapas Cipinang tak sesuai dengan warga binaan yang mempunyai hak untuk memilih.

"Tapi surat suara hanya 1.100. Jadi dengan begitu ada berapa warga ingin memilih tidak bisa memilih, tapi memang ada yang tidak mau memilih," kata Taufan di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Sementara itu, Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Eksternal Sandrayati Moniaga menjelaskan, permasalahan bukan hanya dari pihak penyelenggara. Namun juga permasalahan di Lapas atau Rutan itu terjadi karena adanya masalah administrasi.

"Hal antara warga binaan dengan kertas suara. Temuan kami bukan hanya soal penyelenggara, tapi juga administrasi di rutan dan lapas. Banyak tahanan yang tidak punya e-KTP," ujar dia. [gil]

 

Reporter : Nur Habibie

https://www.merdeka.com/peristiwa/komnas-ham-temukan-ada-warga-binaan-lapas-cipinang-tak-bisa-mencoblos-pemilu-2019.html