Rekam Media

Komnas HAM Temukan Ada Warga Binaan Lapas Cipinang Tak Bisa Mencoblos Pemilu 2019

Merdeka.com - Komisi Nasional HakAsasi Manusia (Komnas HAM) mencatat masih banyak masyarakat tak dapatmenggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019. Seperti sejumlah warga binaan diLembaga Permasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur.

Ketua Komnas HAM Ahmad TaufanDamanik mengatakan, Lapas Cipinang ada 4 ribu lebih warga binaan. Menurut dia,jumlah surat suara disediakan penyelenggara Pemilu 2019 di Lapas Cipinang taksesuai dengan warga binaan yang mempunyai hak untuk memilih.

"Tapi surat suara hanya1.100. Jadi dengan begitu ada berapa warga ingin memilih tidak bisa memilih,tapi memang ada yang tidak mau memilih," kata Taufan di kantor Komnas HAM,Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Sementara itu, Wakil Ketua KomnasHAM Bidang Eksternal Sandrayati Moniaga menjelaskan, permasalahan bukan hanyadari pihak penyelenggara. Namun juga permasalahan di Lapas atau Rutan ituterjadi karena adanya masalah administrasi.

"Hal antara warga binaandengan kertas suara. Temuan kami bukan hanya soal penyelenggara, tapi jugaadministrasi di rutan dan lapas. Banyak tahanan yang tidak punya e-KTP,"ujar dia. [gil]

 

Reporter : Nur Habibie

https://www.merdeka.com/peristiwa/komnas-ham-temukan-ada-warga-binaan-lapas-cipinang-tak-bisa-mencoblos-pemilu-2019.html