Kabar Latuharary

Perjanjian Kerjasama Komnas HAM dan PHDJ

Komisi Nasional Hak Asasi manusia dan Provedoria dos Direitos Humanos e Justi├ža (PDHJ) atau Komisi HAM Timor Lester bersepakat menindaklanjuti nota kesepahaman yang telah ditandatangani tahun lalu. Kedua lembaga ini menindaklanjutinya dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang kegiatan bersama yang akan dilakukan.
 
Pendatanganan PKS ini dilaksanakan pada hari ini (26/8) dengan metode dari meja ke meja. Hal ini dilakukan karena sudah ada komunikasi intensif di antara Komnas HAM dan PDHJ terkait perihal apa saja yang hendak dikerjakan bersama-sama.
 
Kegiatan yang tertuang dalam PKS tersebut fokus pada upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam format pelatihan. Ada dua pelatihan yang akan dilaksanakan, yaitu: legal drafting dan good governance, serta investigasi.
 
Implementasi nota kesepahaman ini merupakan usaha dari kedua institusi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan masing-masing. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan kapasitas sumber daya manusia.
Komnas HAM dan PDHJ menandatangani nota kesepahaman pada Juni 2015 di Denpasar, Bali. Kerja sama yang disepakati melingkupi beberapa hal dan peningkatan kapasitas SDM menjadi salah satu pokok yang disepakati bersama.  (Arif S)

Foto sampul: Penandatanganan Komnas HAM dan PDHJ pada Juni 2015
Short link