Kabar Latuharhary

Belajar HAM dengan Gembira

Guru dan siswa SMA Islam Al Izhar Pondok Labu berkunjung ke Komnas HAM pada Rabu, 7 Desember 2016. Kunjungan Kerja Ilmiah (KKI) SMA Al Izhar ini dalam rangka untuk mengetahui lebih jauh tetang kegiatan di unit kerja Komnas HAM.

“Para siswa ingin menambah wawasan dan mengimplementasikan pembelajaran yang telah dipelajari serta melihat langsung cara kerja Komnas HAM,” ungkap Ayu Novita Pramesthi, guru SMA Islam Al – Izhar.

Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan Triyanto menyambut positif kedatangan guru dan siswa Al-Izhar untuk belajar bersama dengan staf Komnas HAM. Turut hadir dalam acara pembukaan adalah Rima Salim, Kepala Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan, dan penyuluh Komnas HAM Hari Reswanto dan Abiyoga.

Setelah acara pembukaan, siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk memahami tugas masing- masing unit Komnas HAM.

Di Bagian Dukungan Pelayanan Pengaduan, mereka diterima langsung oleh Kepala Bagian Rima Salim yang didampingi oleh Ridha Wahyuni.  Di Bagian Dukungan Mediasi, mereka di terima oleh Yodhisman dan di Bagian Dukungan Pemantauan Sri Ekawati. Di Bagian Dukungan Penyuluhan, mereka diterima oleh Hari Reswanto serta Abiyoga (Penyuluh).

Setelah berdiskusi di empat unit di Komnas HAM, mereka kembali bergabung dalam satu forum untuk mendiskusikan materi yang telah mereka dapat di bagian masing-masing dan mempresentasikannya.

Metode tersebut bertujuan agar melatih kemampuan serta keberanian berbicara di depan umum serta agar seluruh siswa / siswi dapat memahami tugas dari masing-masing unit Komnas HAM.

Diakhir sesi, peserta diajak menyegarkan pengetahuan tentang HAM dalam sesi kuis yang dipandu oleh Abiyoga serta disediakan hadiah berupa kaos Komnas HAM bagi peserta yang mampu menjawab dengan benar.

Di akhir acara, Triyanto berharap agar siswa-siswi SMA Al Izhar ini dapat ikut serta menyebarluaskan wawasan HAM kepada teman-teman di sekolah dan keluarganya di rumah. (Adrianus Abiyoga)

Short link