Kabar Latuharary

Pengumuman Seleksi Tahap III Calon Anggota Komnas HAM: Negara Membutuhkan Komnas HAM!

Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM 2017-2022 menyampaikan pengumuman hasil seleksi Tahap III yaitu tes dialog publik dan rekam jejak calon pada Selasa (4/7/17) di Ruang Pengaduan Asmara Nababan Komnas HAM Jakarta Pusat.

Hadir dalam pengumuman tersebut Ketua Tim Pansel Prof. Jimly Ashidiqie disertai oleh Prof. Dr. Harkristuti H, Zoemroetin, Makarim Wibisono, dan Bambang Widodo Umar.

Jimly menegaskan bahwa negara membutuhkan Komnas HAM, sehingga membutuhkan adanya komisioner yang berintegritas, kapabel, dan kompeten dalam penegakan dan pemajuan HAM.

Pansel telah memutuskan 28 nama yang lolos dari 60 nama calon yang mengikuti dialog publik pada bulan yang lalu. Ada 42 nama calon yang bagus, namun Pansel harus memilih 28 nama untuk maju pada tahap berikutnya.

Dijelaskan oleh Jimly, bahwa Pansel telah melalukan penelusuran jejak pada calon melalui media, informasi dari Koalisi LSM, serta lembaga negara seperti KPK, PPATK, Mahkamah Agung, dll.

Pansel memilih calon yang memiliki kemampuan berkomunikasi, berintegritas, kapabel, dan berkapasitas untuk memajukan dan menegakkan HAM.

Data dan informasi dari Koalisi LSM yang menyebutkan bahwa diduga ada beberapa calon yang berafiliasi ke kelompok radikal, korporasi, dan partai politik, dijadikan sebagai bahan yang sangat berguna bagi Pansel dalam mengambil keputusan.

Menurut Harkristuti, dari 28 nama yang lolos, 5 diantaranya adalah perempuan. Kemudian, 50 persen berlatar belakang sebagai pekerja LSM, 7 orang dari Komnas HAM, Komnas Perempuan, dan Komnas HAM Perwakilan. Sebanyak 7 calon berasal dari luar Jabodetabek, selebihnya 21 orang dari wilayah Jabodetabek.  

Atas pertanyaan dari wartawan yang hadir terkait dengan adanya laporan yang diduga ada 9 yg berafiliasi dengan partai politik dan kelompok radial telah dipertimbangkan. “Ada data lain yg masih perlu dikonfirm lewat wawancara dan psikotest,” ujar Jimly.

Terkait dengan sedikitnya jumlah calon perempuan, hal ini karena dari semula hanya 22 persen perempuan yang mendaftar.

Nama-nama 28 calon lolos seleksi tahap berikutnya adalah sebagai berikut:

·          AHMAD T DAMANIK

·          AMIRUDIN

·          ANGGARA

·          ANTONIO PRADJASTO

·          ARIMBI HERUPOETRI

·          BAHRUL FUAD

·          BEKA ULUNG

·          BUNYAN SAPTOMO

·          CHOIRUL ANAM

·          DEDY ASKARI

·          FADILLAH

·          FX RUDY GUNAWAN

·          HAFID ABBAS

·          HAIRANSYAH

·          HARIS AZHAR

·          IMDADUN RAHMAT

·          JONES MANURUNG

·          JUDHARIKSAWAN

·          MUNAFRIZAL MANAN

·          NORMAN

·          NUR ISMANTO

·          RAFENDI DJAMIN

·          ROICHATUL ASWIDAH

·          SANDRA MONIAGA

·          SONDANG FRISHKA

·          SRI LESTARI

·          SUDARTO

·          SUMEDI

Tahapan selanjutnya, 28 calon akan mengikuti psikotest dan tes kesehatan pada 17-18 Juli 2017 dan tes wawancara terbuka pada 19-21 Juli 2017 di Gedung Mahkamah Konstitusi. (MDH)

Short link