Kabar Latuharary

Komnas HAM dan Polda Jateng Sepakat Adakan Pelatihan

Salah satu program utama Komnas HAM di bidang pendidikan dan penyuluhan adalah kerjasama dengan Polri untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran aparat Polri sebagai penegak hukum dan HAM. Sejak 2011, Komnas HAM telah melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan kapasitas dan kesadaran pada aparat Polri di pusat dan daerah.

Sebagai bagian dari program tersebut, pada Selasa (25/7/17), telah dilaksanakan pertemuan antara Komnas HAM dan Kapolda Jawa Tengah di Semarang. Dalam kegiatan tersebut, dari Komnas HAM hadir Wakil Ketua Bidang Internal Siti Noorlail, Koordinator Subkomisi Pendidikan/Penyuluhan Roichatul Aswidah, Plh. Kabiro Pemajuan HAM Indahwati, dan staf penyuluh HAM. Sedangkan Kapolda Jateng Irjen Chondro Kirono didampingi oleh para pejabat utama.

Dalam pertemuan, kedua pihak sepakat bekerjasama menyelanggarakan pelatihan HAM bagi perwira di wilayah Polda Jateng yang membawahi 35 polres/ta. Pelatihan akan diadakan sebanyak tiga angkatan, dengan peserta sebanyak 35 orang per angkatan, pada bulan Agustus 2017.

Selain itu, juga dibahas tentang polres yang akan menjadi calon pilot project Polisi Berbasis HAM, yaitu polres yang dipilih untuk didampingi mengimplementasikan konsep Polisi Berbasis HAM, sebagaimana diatur khususnya di dalam Perkap No. 8/2009 tentang Implementasi Prinsip HAM dalam Pelaksanaan Tugas Polri.

Kegiatan tersebut  akan melibatkan Pusat Kajian Kepolisian Universitas Diponegoro, sebagai lembaga yang selama ini banyak berkecimpung dalam riset dan penguatan kapasitas Polri di banyak daerah. (MDH)
Short link