Kabar Latuharary

Pembukaan Pelatihan HAM untuk 120 Perwira di Polda Jawa Tengah

Pelatihan HAM dan Pembekalan Buku Saku HAM untuk Perwira Polda Jawa Tengah yang diadakan di Semarang pada 21-30 Agustus 2017 resmi dibuka pada Senin (21/8/17). 

Kegiatan terselenggara atas kerjasama antara Komnas HAM, Mabes Polri, Polda Jateng, dan Undip. 


Hadir dalam pembukaan Ketua Komnas HAM Nurkholis, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, Karobankum Divkum Mabes Polri Brigjen Bambang Usaid, Koordinator Subkomisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM Roichatul Aswidah. 

Selain itu, hadir pula pejabat dari Komnas HAM, Mabes Polri, Polda Jateng, dan Undip.

Dalam sambutannya, Ketua Komnas HAM menyampaikan bahwa penghormatan atas HAM adalah kontrak sosial yang harus dilaksanakan, karena menyangkut eksistensi setiap manusia. 

"Pelatihan bagi anggota Polri diharapkan bisa menstimulasi perbaikan kinerja Polri," ujarnya.

Sedangkan Rektor Undip menyampaikan bahwa penghormatan atas HAM adalah pekerjaan kita semua sehingga harus ada kerjasama. 

"Kami mendukung penuh adanya kerjasama ini, termasuk bisa mempersiapkan program khusus terkait dengan HAM dan kepolisian," paparnya.

Kapolda Jateng menyambut baik adanya pelatihan ini dan meminta agar semua peserta mengikutinya dengan baik dan serius.

"Saya harapkan nanti para peserta pelatihan akan menjadi narasumber di satuan dan polres masing-masing. Setiap polisi harus mengedepankan Hati, Otak dan Otot," tegasnya.

Pelatihan akan dilaksanakan dalam tiga gelombang, yaitu pada 21-23, 24-26 dan 28-30 Agustus 2017, dengan peserta total 120 perwira dari 35 polres di Polda Jateng.

Seluruh proses pelatihan akan dipandu oleh tim Penyuluh Komnas HAM dengan narasumber dari Divkum Polri, Komnas HAM, dan Pusat Studi Kepolisian Undip. (MDH)

Short link