Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Pelatihan HAM Gelombang II untuk Perwira Polda Jateng

Wakil Ketua Komnas HAM Muhammad Nurkhoiron dan Kapolda Jateng yang diwakili oleh Kepala Bidang Hukum Kombes Pol Slamet Suroso, membuka secara resmi "Pelatihan HAM dan Pembekalan Buku Saku HAM untuk Perwira Polda Jateng" gelombang II di Hotel Semesta, Semarang, pada 24 Agustus 2017.

Pelatihan gelombang II diikuti oleh 43 perwira dari 14 Polres eks Polwil Semarang dan eks Polwil Pati di wilayah Polda Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian HAM Divisi Hukum Polri Kombes Pol Setiyana dan Plt. Kepala Bagian Penyuluhan Komnas HAM Mimin Dwi Hartono.

Nurkhoiron menyampaikan bahwa pelatihan adalah salah satu kegiatan Komnas HAM yang dimandatkan di dalam Pasal 89 ayat (2) Undang-Undang tentang Hak Asasi Manusia.

"Dengan adanya pelatihan, saya berharap bahwa kapasitas dan pemahaman HAM para perwira Polda Jateng akan semakin baik sehingga berdampak positif dalam melayani masyarakat," ujar Nurkhoiron.

Sedangkan Kombes Slamet yang menyampaikan sambutan dari Kapolda Jateng memaparkan bahwa perlindungan HAM harus menjadi bagian integral dalam tugas dan pelaksanaan fungsi kepolisian.

"Pesan Kapolda, para peserta harus mengikuti pelatihan secara penuh dan serius sehingga ada dampaknya bagi para peserta," kata Kombes Slamet.

Pelatihan HAM gelombang II akan berlangsung selama tiga hari, 24-26 Agustus 2017, dengan difasilitasi proses pembelajarannya oleh 6 (enam) penyuluh HAM dari Komnas HAM, dan pemaparan para narasumber dari Komnas HAM, Mabes Polri, dan Universitas Diponegoro. (MDH)