Tel. +62-21-3925230
Fax. +62-21-3925227

Kabar Latuharhary

Polres Purbalingga Tindaklanjuti Pelatihan HAM kepada Anggotanya

Kabar baik diterima oleh Komnas HAM di sela-sela penyelenggaraan Pelatihan HAM Angkatan II untuk Perwira Polda Jateng.

Berita baik itu terkait dengan kegiatan  
jajaran Kepolisian Resor Purbalingga Provinsi Jawa Tengah yang melaksanakan kegiatan Pelatihan Penerapan HAM dalam Tugas Fungsi Kepolisian dan Pembekalan Buku Saku HAM (24/8). 

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sehari setelah tiga orang perwira Polres Purbalingga mengikuti Pelatihan HAM untuk Tugas Fungsi Kepolisian dan Pembekalan Buku Saku HAM untuk Angkatan I pada 21-23 Agustus 2017 yang diselenggarakan oleh Komnas HAM, Divisi Hukum POLRI, Polda Jawa Tengah dan Universitas Diponegoro.

Di Polres Purbalingga, pelatihan HAM dilaksanakan di Aula Loka Anindhita. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kompol Mugiman, S.H., M.H., Kabag Sumda Polres Purbalingga. 

Sedangkan pemaparan materi dilakukan oleh alumni pelatihan HAM Angkatan I AKP Suswanto, S.H., Kasat sabhara Polres Purbalingga. 

Pelatihan ini diberikan kepada Kanit Sabhara dan anggota satuan Sabhara Polres Purbalingga.

Koordinator Program Polisi Berbasis HAM di Komnas HAM, Adrianus Abiyoga, mengapresiasi tindak lanjut pelatihan yang dilakukan kepada para anggota Polres Purbalingga.

“Saya dan rekan-rekan penyuluh dan Komnas HAM secara kelembagaan yang memfasilitasi pelatihan, merasa puas karena apa yang dilakukan oleh Polres Purbalingga adalah bentuk kongkret tindak lanjut yang diharapkan oleh Komnas HAM," ujar Abi.
         
Sampai warta ini diturunkan, Komnas HAM masih melaksanakan pelatihan HAM bagi para anggota Polri di Polda Jawa Tengah di Hotel Semesta Semarang.

Pelatihan HAM dibagi menjadi tiga gelombang sejak tanggal 21 hingga 30 agustus di Semarang, Jawa Tengah. 

Pelatihan ini sebagai bentuk implementasi dari MoU kerjasama antara Komnas HAM dengan Polri yang ditandatangani pada 16 Maret 2017 dan Perjanjian Kerjasama antara Subkomisi Pendidikan/Penyuluhan dengan Kapolda Jawa Tengah yang ditandatangani pada 21 Agustus 2017.

Pelatihan diadakan sebagai bentuk dukungan Komnas HAM kepada anggota Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat berbasis pada hak asasi manusia. (Banu)