Pendidikan dan Penyuluhan

Unit Perpustakaan Melakukan Sosialisasi UU Deposit

Pada Rabu,16 Agustus 2017, Unit Perpustakaan Komnas HAM menyelenggarakan kegiatan sosialisasiUndang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan KaryaCetak dan Karya Rekam atau biasa dikenal dengan UU Deposit. Walaupun telah lamaberlaku, pelaksanaan UU ini di lingkungan Komnas HAM belum optimal.

Di dalamUU tentang Deposit, Komnas HAM menjadi salah satu pihak yang wajib menyerahkan semua produkyang dihasilkan baik yang berbentuk buku, majalah, tabloid, brosur, CD maupunyang berbentuk digital. Semua produk ini nantinya akan disimpan di PerpustakaanNasional RI sebagai pihak yang bertugas untuk menghimpun, menyimpan,melestarikan dan mendayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yangdihasilkan di wilayah Republik Indonesia.


Bertempatdi Kantor Komnas HAM Jakarta, Tim dari Perpustakaan Nasional RI langsungmemberikan pemaparan tentang UU ini kepada para undangan yang berasal dariberbagai bagian yang ada di Komnas HAM.


Selain akan menyimpan dan merawatproduk yang diserahkan, Perpustakaan Nasional RI akan mempromosikan danmelestarikan fisik berikut informasi yang ada didalamnya, sehingga tujuanmencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud. (Fifa)
Short link