Kabar Latuharhary

Komisioner Tinggi HAM PBB akan Kunjungi Komnas HAM

Komisioner Tinggi HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa Zeid Raad Al Husein, akan mengunjungi Komnas HAM pada Senin, 5 Februari 2018. Kunjungan ini adalah rangkaian kunjungannya ke Indonesia, dari 4-7 Februari 2018.

Pimpinan dan komisioner Komnas HAM, sejak minggu lalu, telah bersiap menerima kunjungan orang nomor satu di Kantor Komisioner Tinggi HAM PBB yang berpusat di Jenewa, Swiss. Staf OHCHR di Bangkok, Shivani Verma dan Katia, telah mengunjungi kantor Komnas HAM beberapa kali untuk melakukan koordinasi dengan Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Eksternal Sandra Moniaga, terkait dengan kunjungan Zeid ini.

Materi pembicaraan dengan Komnas HAM adalah terkait dengan kondisi pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia, serta upaya kerjasama dengan OHCHR untuk mendukung iklim pemajuan dan penegakan HAM yang kondusif.

Kunjungan Zeid adalah dalam rangka memenuhi undangan dari Pemerintah RI. Selain ke Komnas HAM, Zeid juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden RI, para menteri terkait, Komnas Perempuan, dan organisasi masyarakat sipil. Pada tahun-tahun sebelumnya, tercatat  ada dua komisioner tinggi HAM PBB yang mengunjungi Indonesia, yaitu Navi Pillay dan Mary Robinson.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerjasama antara Komnas HAM dan OHCHR akan lebih erat dan kuat dalam mendorong pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia. Zeid, warga negara Yordania, terpilih sebagai komisioner tinggi HAM sejak September 2014, mengantikan Navi Pilay dari Pakistan. (MDH)

Foto: panjimas.com

Short link:  komnasham.go.id/n/473