Kabar Latuharary

Orasi Ilmiah Wakil Ketua Komnas HAM di Dies Natalis Unpar

Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahiyangan merayakan Dies Natalis ke 60, pada Rabu (19/9), bertempat di Gedung 2 Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung. 

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan orasi oleh Sandrayati Moniaga, Wakil Ketua Bidang Eksternal, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM RI), yang juga merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan angkatan 1986. 

Orasi tersebut berjudul “Masyarakat Adat, Hukum dan Hak Asasi Manusia di Indonesia“. Dalam orasinya, Sandra menggunakan video pendek tentang kondisi masyarakat hukum adat di Indonesia yaitu Masyarakat Pandumaan Sipituhuta yang tinggal di Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara dan Masyarakat Kesepuhan  yang tinggal di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Secara garis besar, Sandra dalam orasinya menyampaikan paparan terkait siapa masyarakat adat, bagaimana hukum negara mengatur mereka dan hak-haknya. Paparan tersebut dilengkapi dengan  kondisi hak asasi masyarakat hukum adat. Pembahasan dibatasi pada kondisi HAM mereka terkait dengan hak mereka atas wilayah adatnya. Rujukan utama dari paparan ini adalah temuan Inkuiri Nasional Komnas HAM tentang “ Hak Masyarakat Hukum Adat atas wilayahnya dikawasan hutan” yang dilaksanakan Komnas HAM pada 2014-2015.    

Selain orasi, rangkaian perayaan Dies Natalis tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Peluncuran Buku Percikan Gagasan tentang hukum V Hak Asasi Manusia. Buku tersebut merupakan kompilasi tulisan dari 15 kontributor yang ada di lingkungan civitas akademi Universitas Katolik Parahyangan khususnya di Fakultas Hukum. Salah satu kontributornya adalah Dekan Fakultas Hukum, Dr. Tristam Pascal Moelijono yang menulis tentang Hukum Pengungsi Internasional dan Pengungsi di Indonesia. 

Dalam perayaan Dies Natalis tersebut juga dilakukan pengumuman mahasiswa berprestasi baik akademik maupun non akademik dan penyerahan Soediman Awards.  Perayaan ditutup dengan Tiup Lilin dan Potong Kue Ulang tahun serta Makan Siang bersama. Dirgahayu Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan! (Devi K)
Short link