Kabar Latuharhary

Pertemuan Tahunan Komisi HAM Wilayah Asia Tenggara

Komnas HAM mengikuti pertemuan tahunan ke-15 South East National Human Rights Institutions Forum  (SEANF) yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 13-14 September 2018.

SEANF merupakan sebuah forum yang beranggotakan enam institusi HAM  di wilayah Asia Tenggara, yakni Komnas HAM (Indonesia) Suruhanjaya Hak Asasi Manusia (Malaysia), the Commission on Human Rights of the Philippines (CHRP), the National Human Rights Commission of Thailand (NHRCT), and the Provedoria dos Direitos Humanos e Justica (PDHJ) Timor Leste. 


Pertemuan ini memberikan forum bagi para anggota untuk berbagi pandangan atas implikasi hak asasi manusia terutama di wilayah Asia Tenggara dan berbagi informasi mengenai kerja lembaga masing-masing. Hadir mewakili Komnas HAM, Sandrayati Moniaga, Wakil Ketua Eksternal yang didampingi oleh Sri Nur Fathya, staf penyusun laporan kerja sama.


Pertemuan tahunan tersebut didahului dengan Special Event untuk memperingati the 70th Anniversary of the Universal Declaration of Human Rights, dengan melaksanakan sebuah panel diskusi  bertemakan “ Hak Asasi Manusia sebagai Faktor untuk Meraih SDGs”, yang diselenggarakan oleh NHRCT dan Regional Office of the High Commissioner for Human Rights for Southeast Asia. 


Sesi ini diisi oleh para panelis yaitu Tan Sri Razali Ismail (Ketua SUHAKAM), Sandrayati Moniaga (Wakil Ketua Eksterna Komnas HAM), Roberto Eugenio T Cadiz (Komisioner CHRP), Prof Emeritus Vitit Muntarbhorn (UN Independent Expert and member of UN Commissions of Inquiry on Human Rights) dan Juan Santander (Deputy Representative of UNICEF Thailand). Kegiatan ini dihadiri perwakilan SEANF, perwakilan dari kementerian di Thailand, perwakilan kedutaan besar, organisasi internasional dan masyarakat sipil. 


Pada pertemuan hari pertama antara lain dibahas mengenai pendirian sekretariat permanen SEANF di Jakarta. Forum menghargai usaha yang dilakukan Komnas HAM dan berharap agar sekretariat permanen dapat segera diwujudkan. Selain itu Forum juga mengadopsi Rencana Aksi untuk implementasi SEANF Strategic Plan (2017-2021).


Pada hari kedua, dibahas kerjasama antara SEANF dan the Association for the Prevention of Torture (APF) untuk mengembangkan pedoman regional  SEANF untuk pencegahan penyiksaan.


Forum mengadopsi SEANF Statement on Human Rights and SDGs. Agenda terakhir dari pertemuan tahunan, dilakukan penyerahan jabatan ketua dari NHRCT ke PDHJ. Dengan penyerahan jabatan tersebut,  ketua SEANF untuk periode September 2018 – September 2019 beralih ke PDHJ. (Fathya)

Short link