Kabar Latuharary

Koordinasi Komnas HAM dan Kadivkum Polri

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menerima kunjungan Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Mas Guntur Laupe di kantor Komnas HAM pada Senin (23/10). 

Turut hadir menerima yakni Komisioner Amiruddin dan para pejabat struktural Komnas HAM.

Pertemuan ini adalah bentuk koordinasi antara kedua lembaga khususnya terkait dengan proses dan tahapan pemilihan umum legislatif dan presiden pada 2019 yang sudah dimulai.

Irjen Mas Guntur Lupe menegaskan bahwa Polri dalam hal akan selalu netral dalam pemilihan legislatif atau pilpres. "Hal ini karena sudah diintruksikan dari Kapolri," ujar Guntur.

Bentuk netralitas ini, kata Guntur, tidak hanya dalam tindakan, perilaku, dan ucapan, namun juga dalam mengekspresikan diri di depan umum agar tidak menimbulkan persepsi Polri telah berpihak.

Terkait dengan Pileg dan Pilpres, Polri juga telah mengidentifikasi wilayah yang rawan pelanggaran untuk dilakukan langkah pencegahan dan pengamanan. 

Sementara itu Ahmad Taufan menyampaikan bahwa Komnas HAM masih menerina pengaduan terkait dugaan dikriminasi dalam konteks pengamanan pilpres oleh kepolisian. "Masih banyak polisi yang di laporkan" ujar Ahmad Taufan mengingatkan.

Untuk itu, Ahmad Taufan meminta jangan sampai ada diskriminasi hukum yang dilakukan Polri dalam kontestasi politik, hal ini untuk menjunjung tinggi asas persamaan di depan hukum dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang sudah membaik. (Egi)
Short link