Kabar Latuharary

Koordinasi Peringatan Hari HAM 2018 dengan PBB

Peringatan Hari HAM internasional pada 10 Desember 2018 yang bersamaan dengan 70 Tahun Deklarasi Universal HAM (DUHAM) akan dirayakan secara serentak dan meriah. Untuk itu, Komnas HAM dan lembaga-lembaga di bawah koordinasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia mengadakan pertemuan koordinasi terkait dengan hal itu.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua Komnas HAM Sandrayati Moniaga, yang memaparkan tentang rencana kegiatan Hari HAM yang akan dilaksanakan oleh Komnas HAM pada 10-11 Desember 2018 di Jakarta. "Kami akan menyelenggarakan seminar dan lokakarya nasional dengan mengambil tiga topik utama, yaitu penyelesaian pelanggaran HAM yang berat di masa lalu, reforma agraria, dan penanganan intoleransi, radikalisme, dan ekstrimisme dengan kekerasan," jelas Sandra.

Sementara Komisioner Beka Ulung Hapsara menambahkan bahwa Komnas HAM mempunyai rangkaian kegiatan yang puncaknya adalah perayaan 70 tahun Deklarasi Universal HAM, yakni Festival HAM di Wonosobo pada 13-15 November 2018 dan Sidang HAM pada 21-22 November 2018. "Muaranya nanti adalah penyampaian rekomendasi kepada Presiden RI terkait dengan upaya pemajuan dan penegakan HAM," kata Beka.

Menanggapinya, perwakilan dari UNESCO yaitu Irakli Khodeli menjelaskan bahwa lembaganya akan melaksanakan beberapa kegiatan terkait dengan Hari HAM, yang semuanya akan bekerjasama atau melibatkan Komnas HAM. "Diantaranya adalah program untuk mengaplikasikan perangkat monitoring SDGs untuk sektor tertentu, misalnya disabilitas dan demografi," ujar Irakli.

Kemudian masing-masing perwakilan dari UN Women, United Nations Information Center, dan UNCHR memaparkan rencana kegiatan terkait dengan Hari HAM yang akan dikerjasamakan dan dikoordinasikan dengan Komnas HAM. Kegiatan yang akan dilaksanakan cukup beragam, dari kampanye 16 hari anti kekerasan berbasis jender, peluncuran buku saku bagi pengungsi dan pencari suaka, dan lomba video pendek tentang HAM bagi siswa SMA.

Sebagai tindak lanjut, akan diadakan pertemuan lanjutan untuk menyusun daftar kegiatan masing-masing sebagai bahan koordinasi dan sinergi agar perayaan Hari HAM akan lebih berdampak bagi masyarakat, khususnya bagi pemajuan dan penegakan HAM. (MDH)


Short link