Kabar Latuharary

Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM di Polres Katingan

Latuharhary – Komnas HAM melakukan pertemuan dengan jajaran PolresKatingan dalam rangka menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait dengandugaan penembakan tersangka kepemilikan narkotika an. sdr. Parmadiansyah yangtidak prosedural di Mapolres Katingan pada Selasa, 5 Maret 2019.

Tim Komnas HAM dipimpin olehKepala Biro Dukungan Penegakan HAM Gatot Ristanto SH.,MM., dengan anggota WahyuPratama Tamba selaku Pemantau Penyelidik HAM, dan Kawiji Perencana Pemantauan.

Sementara Polres Katingan diwakilioleh  Wakapolres Katingan Kompol OK.Azhar SE., Kasat Narkoba Iptu Gusnawardi beserta Penyidik dan Sie Propam PolresKatingan.

Pada pertemuan tersebut KomnasHAM meminta penjelasan dan klarifikasi dari pihak Polres Katingan ataspengaduan yang menyatakan bahwa telah terjadi penembakan tersangka kepemilikan narkotika an. sdr. Parmadiansyah yangtidak prosedural di Mapolres Katingan.

Berdasarkan klarifikasi daripihak Polres Katingan, telah terhimpun sejumlah informasi, fakta dan dokumen yangakan dipelajari lebih lanjut dan diolah oleh pihak Komnas HAM sebagai bahan laporanhasil temuan lapangan dan rekomendasi Komnas HAM.

Lebih lanjut, Wakapolres Katinganjuga telah menyatakan dukungannya dan institusinya terhadap upaya Komnas HAM termasukterkait upaya Komnas HAM meminta klarifikasi atas pengaduan masyarakat yangtelah disampaikan ke Komnas HAM.

Pada kesempatan tersebut, KomnasHAM juga telah menegaskan dukungannya atas upaya Kepolisian dalam pemberantasanpenyebaran narkotika. Akan tetapi, Komnas HAM juga perlu menyampaikan bahwa prosesini harus tetap berpijak pada mekanisme hukum yang berlaku di negeri ini.Setiap penangkapan terhadap tersangka harus sesuai dengan prosedur dan tetapmenghormati HAM setiap warga negara tanpa terkecuali. Semisal terkait prosedurpenangkapan tersangka, seharusnya disertai dengan surat perintah penangkapandan tidak terjadi tindakan kekerasan pada prosesnya. (Tamba/ENS)

Short link