Kabar Latuharary

Komnas HAM Dorong Peran Gereja dalam Pemajuan dan Perlindungan HAM

Manado– Wakil Ketua Bidang eksternal Komnas HAM, Sandrayati Moniaga, menjadi salahsatu panelis dalam diskusi Konferensi Gereja dan Masyarakat yangdiselenggarakan oleh Sinode AM Gereja Gereja (SAG) wilayah Sulawesi bagianutara dan tengah bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia(PGI), di Kota Manado pada Kamis, 28 Maret 2019.

Pada diskusi tersebut, Sandra menyampaikan materi terkaitPemenuhan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia. Sandra menyampaikan mengenaiperan gereja dalam penyelesaian beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia,relasi antara korupsi dan hak asasi manusia, akar masalah pelanggaran hak asasimanusia serta konflik agraria.

Selain itu, ia juga mendorong partisipasi dan peran strategisgereja karena Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM telah mengakomodirperan aktif masyarakat dalam perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasimanusia.

Panelis lain yang turut hadir dalam kesempatantersebut adalah Suparman Marzuki yang sebelumnya sempat menjabat sebagai KetuaKomisi Yudisial. Suparman memberikan gambaran mengenai realitas penegakan HAMdi Indonesia dan situasi peradilan. Ia menjelaskan mengenai konsep terciptanya kewajibanhak asasi di Indonesia, sistem demokratis dalam rezim pemerintahan saat ini danposisi Komnas HAM dalam eksekusi putusan pengadilan.

Perlu disampaikan bahwa kegiatan  ini bertujuanuntuk menghimpun pendapat dari para peserta guna membantu gereja-gereja diIndonesia dalam menyikapi proses demokratisasi, persoalan kemiskinan,perdagangan manusia, politik identitas dan ketidakadilan di hadapan hukum sertakerusakan lingkungan.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari pimpinangereja-gereja, pimpinan organisasi masyarakat kristen, pimpinan perguruantinggi kristen,  pimpinan organisasi sosial kemasyarakatan kristen dantokoh-tokoh kristiani dari seluruh Indonesia. (SNF/ENS)

Short link