Kabar Latuharary

Komnas HAM & TAF Kembangkan Manajemen Sistem Informasi

Latuharhary – Komnas HAM dan The Asia Foundation (TAF) menindaklanjuti kerjasama dalam peningkatan manajemen sistem informasi di Komnas HAM, hal ini didiskusikan secara intensif dalam rapat yang diadakan kantor TAF Jakarta pada Jumat (21/06/19).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang diadakan pada 29/04/19.  

Pada rapat yang dihadiri oleh Yuli Asmini (Plt Kepala Bagian Dukungan Penyuluhan HAM) dan Andri Umar Sidik (Kasubbag Teknologi Informasi) membahas beberapa maksud dan tujuan Komnas HAM menjalin kerja sama dengan The Asia Foundation.

"Kami ingin membuat suatu grand master sistem informasi untuk Komnas HAM, yang mana nantinya memberikan efek signifikan kepada kemajuan Komnas sesuai dengan renstra dan mandat Komnas HAM", papar Andri.

Keinginan Komnas HAM ini disambut baik oleh The Asia Foundation dengan memberikan beberapa pilihan yang dapat diambil dan diterapkan ke dalam sistem informasi Komnas HAM kelak.

"Setelah kami melihat dan membaca road map yang Komnas HAM berikan, kami memiliki beberapa plan untuk menunjang sistem informasi yang ada di dalam Komnas HAM agar semua aplikasi yang sudah ada dapat terkoneksi satu sama lain baik yang ada di pusat (Komnas HAM) maupun di kantor perwakilan", imbuh Renata perwakilan dari The Asia Foundation.

Dalam road map yang telah dibuat, salah satunya Komnas HAM tengah merencakan sistem jurnal online yang nantinya akan diberi nama Jurnal Asasi. Jurnal online ini merupakan salah satu penunjang Komnas HAM dalam mensosialisasikan HAM kepada masyarakat luas.

Terkait teknis kerjasama, akan dibahas secara detil pada pertemuan selanjutnya. “Kami berharap kerja sama ini dapat segera direalisasikan sehingga dapat memajukan Komnas HAM khususnya dalam bidang sistem informasi dan diharapkan kerja sama dengan The Asia Foundation berjalan lancar dan berkelanjutan”, tutup Andri. (Ratih/ENS)
Short link