Mediasi

Ketua Komnas HAM RI Memfasilitasi Mediasi Kasus di Sumut

Komnas HAM Republik Indonesiamemfasilitasi mediasi atas tiga kasus di wilayah Sumatera Utara padaSenin-Jumat (15-19/7) di Medan. Mediasi tersebut dipimpin oleh Ketua Komnas HAMRI Ahmad Taufan Damanik yang bertindak selaku Mediator.

Tiga kasus tersebut terkaitdengan sengketa hak-hak pensiunan dengan PTPN IV, sengketa hak atas penghidupanantara warga dengan perusahaan negara di Kabupaten Langkat dan sengketa hakatas lahan antara kelompok tani dan perusahaan perkebunan di Kabupaten DeliSerdang.

Dalam mediasi yang berlangsungmaraton tiga hari berturut-turut tersebut, dalam ketiga kasus itu para pihaksepakat untuk menyelesaikan sengketa di meja perundingan dengan mengutamakanprinsip musyawarah dan pemenuhan hak asasi manusia.

Para pihak menyadari bahwapermasalahan ingin segera diselesaikan sehingga kehidupan kembali tenang danharmonis. "Mediasi menjadi media untuk menyelesaikan persoalan denganmengutamakan kepentingan para pihak dengan berlandaskan pada pemenuhan danperlindungan hak asasi manusia," ujar Ahmad Taufan, yang selama prosesmediasi didampingi oleh Kepala Bagian Dukungan Mediasi Mimin Dwi Hartono danKomediator Mochamad Ridwan.

Dengan adanya kesepakatantersebut, para pihak berjanji untuk saling menjaga dan menghormati kepentinganmasing-masing dengan cara damai dan kondusif, hingga kesepakatan final dicapainantinya. (MDH)

Short link