Kabar Latuharary

CPNS Komnas HAM Ikuti Arahan Wapres dalam Presidential Lecture 2019

Latuharhary  - 80 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Komnas HAM Tahun Anggaran 2018 berkesempatan menyaksikan langsung kuliah umum dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam kegiatan Presidential Lecture II Tahun 2019 dengan tema ‘Sinergi Untuk Melayani’ bertempat di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Rabu (24/7/2019). 

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi arahan agar para CPNS  memegang teguh prinsip melayani karena tugas utama Aparatur Sipil Negara (ASN) sejatinya melayani masyarakat sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. 

Ia juga mengingatkan agar para aparatur sipil negara untuk berubah dan menanggalkan kultur masa lalu. "Jangan lagi berprinsip untuk dilayani, ingin dihormati, dan ingin mendapat fasilitas yang lebih baik. Ini merupakan pikiran-pikiran masa lalu yang tentu harus diubah. Kita harus berpikir lebih baik dan lebih maju," tegasnya.

Wakil Presiden juga mengajak para CPNS yang baru untuk bergabung dalam sistem birokrasi pemerintahan yang disiplin, inovatif, dan siap bersaing untuk kemajuan bangsa. Menurutnya penting untuk menjalankan suatu pemerintahan dengan sistem birokrasi yang baik. Untuk itu, ia mengajak para CPNS dan semua pihak bersama-sama terus meningkatkan kapasitas diri.

Dalam rangka memberikan semangat dan motivasi, Jusuf Kalla juga meminta kepada para CPNS untuk selalu siap dalam segala kondisi penugasan termasuk ditempatkan diberbagai daerah di Indonesia sebagai  bentuk tekad dan pengabdian bagi negeri. 

"Bangsa ini bangsa yang besar. Kita tidak boleh punya prinsip di Jawa birokrasinya diatur oleh orang Jawa, di Makassar birokrasinya harus oleh orang Makassar, di Medan harus orang Medan. Kita bangsa yang besar, prinsipnya harus siap ditempatkan di mana saja, agar bangsa ini tetap kokoh dan bersatu,” ujarnya.

Acara yang dihelat oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini dihadiri oleh 6.148 orang CPNS yang mewakili 78 Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan Daerah dan menghadirkan tiga inspiring speakers, yakni Former Minister of Personnel Management Republic of Korea Pan Suk Kim, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang P.S. Brodjonegoro, serta Komisaris Utama PT. Net Mediatama TV dan Creative Director Opening and Closing 18th Asian Games 2018 Wishnutama.

Dalam kata sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan bahwa  kegiatan ini digelar dengan tujuan menjembatani dan menginternalisasi visi Presiden dalam melaksanakan program prioritas untuk pertumbuhan dan pembangunan. MenPANRB juga menjelaskan bahwa saat ini para CPNS Tahun Anggaran 2018 memasuki Birokrasi 4.0 yang memiliki karakter antara lain fleksibilitas kerja, efisiensi pelayanan, percepatan pelayanan dan akurasi pelayanan. 

Hadir dalam acara ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan para kepala lembaga. (AAP/SP/AM/IW)

Short link