Kabar Latuharary

Sinergi Komnas HAM dengan Humanitas Global untuk Pembuatan Audiovisual Publikasi

Kabar Latuharhary – Komnas HAM melalui Bagian Dukungan Penyuluhan menyelenggarakan pertemuan dengan pihak Humanitas Global, guna membahas rencana kerja sama dalam pembuatan materi publikasi audiovisual yang mengangkat tema hak asasi manusia, bertempat di Gedung Komnas HAM RI, Menteng, Jakarta, pada Kamis (12/09/19).

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM, Andante Widi Arundhati. Pada kata sambutannya, Andante menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Humasnitas Global, serta menyambut baik rencana kerja sama ini, mengingat bahwa film dan video dapat menjadi media publikasi yang efektif dalam menyebarluaskan wawasan HAM kepada masyarakat.

“Komnas HAM sangat menyambut baik kerja sama ini karena pada dasarnya kami juga membutuhkan bahan-bahan penyuluhan yang efektif seperti film dan video. Media visual yang efektif sangat penting untuk penyebarluasan wawasan HAM,” papar Andante.

Lebih lanjut, Andante juga menyampaikan program-program yang dijalankan oleh Bagian Dukungan Penyuluhan Kommas HAM. Beberapa di antaranya adalah Sekolah Ramah HAM, Kota/Kabupaten HAM, dan Polisi Berbasis HAM. Melalui rencana kerja sama ini, Beliau berharap bahwa Humanitas Global melalui Warganegara.org dapat bekerja sama untuk pembuatan audiovisual yang dapat mendukung kegiatan penyuluhan.

Perlu disampaikan, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 13.30 WIB tersebut juga dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Publikasi dan Pelaporan, Eva Nila Sari, serta Penyuluh Komnas HAM, Sri Rahayu dan beberapa Staf Komnas HAM. Pada kesempatan kali ini, pihak Komnas HAM dan Humanitas Global juga membahas mengenai konten yang akan diangkat dalam pembuatan audiovisual tersebut. 

Pada penggarapan perdana, tema yang kemungkinan akan diangkat adalah terkait dengan pengenalan hak-hak dasar sebagaimana ketentuan UU No.39 Tahun 1999 tentang HAM.  Pengemasannya pun akan diupayakan semenarik mungkin melalui unsur story telling dengan mengangkat kasus-kasus yang terjadi di lingkungan sekitar agar mudah dipahami. Melalui kemasan audiovisual ini diharapkan masyarakat akan semakin sadar untuk menghormati hak-hak dasar orang lain. 

Sebagaimana diketahui, Humanitas Global merupakan komunitas lintas agama yang bertujuan untuk mengurai intoleransi antara umat beragama. Salah satu program yang telah dibangun ialah warganegara.org.

“Warganegara.org merupakan media pendidikan yang ditujukan untuk mengedukasi warga Indonesia mengenai hak asasi manusia melalui film, video, audiovisual dan lain sebagainya,” ungkap Fonni Chandra, Perwakilan Humanitas Global). (Radhia/ENS)

Short link