Kabar Latuharhary

Catatan DPR RI Turut Berkontribusi Bangun Kinerja Komnas HAM

Jakarta – Sekretaris Jenderal Komnas HAM Tasdiyanto menghadiri acara peluncuran buku “Selayang Pandang Komisi III DPR RI" Evaluasi Penegakan Hukum Periode 2014-2019 bertempat di Lobby Gedung Nusantara II Komplek Gedung DPR/MPR RI, Senin (23/9/2019). Komnas HAM merupakan salah satu mitra kerja legislatif di bidang hak asasi manusia.

Inisiatif Komisi III DPR RI periode 2014-2019 meluncurkan buku berisi catatan-catatan hasil rapat dengan mitra kerja di akhir periode tugas, dinilai Tasdiyanto sebagai wujud perhatian anggota DPR RI terhadap mitra kerjanya, termasuk Komnas HAM. 

Tasdiyanto turut menanggapi catatan hasil evaluasi dan rekomendasi terkait kinerja Komnas HAM. Ia mengungkapkan catatan-catatan hasil rapat antara Komisi III DPR RI dengan Komnas HAM ini kemudian dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan Komnas HAM. 


“Faktanya, kinerja keuangan Komnas HAM pada tahun 2017 membaik dengan berhasil meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Berkat evaluasi dari DPR, Komnas HAM dapat memacu diri untuk menjadi lebih baik,” jelasnya

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang datang mengadu ke Komnas HAM, Tasdiyanto menyatakan adanya dukungan kesekjenan untuk menyelenggarakan sistem pelayanan prima dalam menerima pengaduan, misalnya dengan usulan penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung bagi pengadu yang datang ke Komnas HAM. 

Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin sebelumnya menjelaskan bahwa buku ini berisi kompilasi catatan dalam Rapat Dengar Pendapat, Rapat Kerja, dan Evaluasi Komisi III DPR RI terhadap Mitra Kerja Komisi III DPR RI, yang terdiri dari kementerian dan lembaga negara yang menaungi bidang hukum, hak asasi manusia dan keamanan. 

Aziz juga mengungkapkan bahwa buku ini merupakan wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat selama masa bertugas selama tahun 2014-2019 (AAP/IW).

Short link