Kabar Latuharhary

Staf Komnas HAM Belajar Pengamatan Perilaku untuk Keamanan Komisioner

Latuharhary- Isu hak asasi manusia yang banyak menyita perhatian publik menjadi kewenangan Komnas HAM RI. Demi keamanan para komisioner beserta staf ketika bertugas, Komnas HAM RI menginisiasi kegiatan peningkatan kapasitas bagi protokoler serta keamanan obyek sekitar.

“Tugas yang pertama kali dilakukan ketika petugas keamanan bekerja adalah pengamatan, termasuk  ketika patroli. Inilah mengapa kegiatan hari ini disebut pelatihan skill, bukan diskusi dalam pengamanan,”kata Kasubdit Polda Metro Jaya Harry Sulistiadi sebagai narasumber dalam 'Capacity Building Pengamatan Perilaku', Selasa (9/3/2021)  di kantor Komnas HAM RI, Menteng, Jakarta Pusat. 

Ilmu bidang pengamanan dan protokol menurut Harry, hasil kolaborasi antara ilmu-ilmu kepolisian secara global.  Materinya pun sangat beragam dan aplikatif bagi pengamanan lingkungan kantor maupun penugasan lapangan.

Secara spesifik, Harry juga membahas ilmu Kemampuan Pengamatan Perilaku (Behavioral Observation Skill) kepada partisipan yang terdiri dari staf Bidang Kerjasama, Persidangan, dan TUPHP serta para petugas pengamanan Komnas HAM. Pengamatan perilaku, menurutnya, sebagai metode untuk memberikan penilaian terhadap perilaku seseorang/kelompok degan cara menonton dan mencatat perilaku seseorang di lingkungan umum. 



Metode ini digunakan untuk operasi pengamanan khusus, kegiatan pengamatan rutin, aktitivitas dinas lainnya, serta aktivitas non dinas. Tujuan pengamatan ini adalah mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya yang menjadi dasar untuk melakukan tindakan atau kebijakan kedepan. 

Sesudah penyampaian materi, narasumber pun memberikan latihan pengamatan singkat bagi para partisipan melalui pengamatan video dan gambar.  

Koordinator Bidang Kerjasama, Persidangan, dan TUPHP Sasanti Amisani melihat perkembangan signifikan setelah pemberian materi kedua kalinya dari narasumber. Dalam pertemuan sebelumnya, para staf diberi ilmu untuk menangani permasalahan, terutama unjuk rasa.


Dalam acara ini turut hadir Kasubag TUPHP Solechah, serta jajaran unit kerja terkait.(SP/IW)

Short link