Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI Konsisten Upayakan Pengurusan Sekretariat Permanen SEANF

Latuharhary - Komnas HAM RI memaparkan tindak lanjut pengurusan Sekretariat Permanen the South East Asia National Human Rights Institutions Forum (SEANF) dalam 2nd Technical Working Group Meeting 2021, secara online, Kamis (26/8/2021).

“Komnas HAM telah mendistribusikan naskah Rule of Procedures (SOP) kepada lima NHRIs lainnya sebagai persyaratan pembentukan Sekretariat Permanen yang disyaratkan oleh MoFA (Ministry of Foreign Affairs/Kementerian Luar Negeri RI),” jelas Subkoor Bidang Kerjasama Antar Lembaga Sri Nur Fathya.

Proses yang berjalan selama setahun terakhir tersebut menjadi salah satu fokus dalam setiap rapat kerja SEANF. Lantaran forum lembaga nasional HAM se-Asia Tenggara ini membutuhkan kesekretariatan khusus untuk mengurus seluruh kerja lembaga secara sistematis dan profesional.

 Komitmen mengurus Sekretariat Permanen SEANF sangat tinggi karena seluruh anggota SEANF telah bersepakat menunjuk Komnas HAM RI sebagai penanggung jawabnya.

Pertemuan forum yang berlangsung 24-26 Agustus 2021 ini juga menyepakati bahwa semua anggota SEANF akan melakukan percepatan upaya teknis untuk mendukung Komnas HAM RI dalam pembentukan Sekretariat Permanen SEANF. Selanjutnya, pertemuan rutin Annual Meeting SEANF pada 29 November-2 Desember 2021 akan diawali penyelenggaraan Konferensi Regional mengenai Reformasi Sistem Penahanan.


Dalam sesi penutup, Komisioner SUHAKAM Malaysia Jerald Joseph mengapresiasi kerja sama enam NHRIs. “Tiap isu yang dibahas dalam pertemuan ini penting untuk menjadi perhatian bersama. Kami terbuka atas semua ide untuk dikolaborasikan dan mendukung kerja kita bersama. SUHAKAM berharap semua anggota senantiasa menjaga semangat kerja sama dan saling mendukung. Forum juga menyetujui penunjukkan CHRP Filipina sebagai Ketua SEANF periode 2021-2022,” kata Jerald.


Hadir dalam pelaksanaan hari ketiga, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Plt. Kepala Biro Dukungan Pemajuan HAM Mimin Dwi Hartono, Koordinator Bidang Kerjasama, Persidangan dan TUP Sasanti Amisani, dan staf unit terkait.


Perwakilan anggota SEANF lainnya yang hadir, antara lain Komisioner SUHAKAM Malaysia Jerald Joseph selaku fasilitator forum bersama Komisioner Datuk Lok Yim Pheng dan Sekretaris Jenderal, Ketua NHRCT Thailand Pornprapai Ganjanarintr bersama Director of International Affairs NHCRT Vallabha, Ketua MNHRC U Hla Myint dan Komisioner MNHRC Tahn Myint,  Perwakilan PDHJ Timor Leste Ambrossio, Perwakilan CHRP Filipina Marizen Santos dan Kristoffer Claudio dan lain-lain. (AAP/IW)
Short link