Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI dan Polda Maluku Sepakat Memperkuat Kerja Sama Pemajuan dan Penegakan HAM 

Ambon - Upaya pengimplementasian prinsip dan nilai hak asasi manusia di tengah masyarakat membutuhkan dukungan penuh dari para mitra kerja.

Seperti yang telah terjalin antara Komnas HAM RI dengan kepolisian. Salah satu tindak lanjutnya melalui pertemuan antara Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik didampingi Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Provinsi Maluku Benediktus Sarkol dengan Kapolda Provinsi Maluku Irjen. Pol. Refdi Andri beserta jajarannya di Polda Maluku, Rabu (15/12/2021). 

Pertemuan ini membahas penguatan koordinasi antara Polda Provinsi Maluku dan Komnas HAM RI melalui Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Provinsi Maluku sebagai tindak lanjut MoU Komnas HAM RI dengan Polri dalam Pemajuan dan Penegakan Hak Asasi Manusia. Salah satu yang digagas mengenai mekanisme koordinasi penanganan kasus. 

"Selama ini koordinasi antara Komnas HAM RI dengan Polri baik dan berharap hal ini dapat diteruskan di ranah Polda dengan membangun koordinasi yang lebih tertata antara Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Provinsi Maluku dengan Polda Maluku dalam penanganan kasus," ungkap Taufan.

Kapolda Maluku sepakat atas gagasan ini melalui pembaruan naskah kerja sama  antara Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Provinsi Maluku dengan Polda Maluku. Pembaruan kerja sama ini sejalan dengan substansi MoU antara Polri dan Komnas HAM RI yang menyesuaikan kondisi-kondisi aktual. 

Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Provinsi Maluku mengapresiasi respons Polda Maluku dan siap untuk lebih mengoptimalkan koordinasi.

Hadir dalam pertemuan ini Subkoorbid. Kerjasama antar Lembaga Sri Nur Fathya beserta jajaran pegawai Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Propinsi Maluku Subkoorbid. Layanan Aduan Djuliyati Toisuta dan Pengadministrasi Umum Jusmalinda Holle. (AAP/IW)
Short link