Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI dan Universitas Pattimura Bahas Rencana Kerja Sama

Ambon - Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik didampingi Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Propinsi Maluku Benediktus Sarkol bertemu Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Marthinus.J. Saptenno, S.H, M.Hum  (Sabtu, 18/12/2021). Pertemuan ini membahas penjajakan kerja sama antara Komnas HAM RI dengan Universitas Pattimura yang akan dituangkan dalam MoU.

Hadir dalam pertemuan ini Subkoorbid. Kerjasama antar Lembaga Sri Nur Fathya, para analis kerja sama serta jajaran pegawai Kantor Perwakilan Komnas HAM RI Propinsi Maluku, Subkoorbid. Layanan Aduan Djuliyati Toisuta, dan Pengadministrasi Umum Jusmalinda Holle.


Taufan berharap Unpatti  dapat membantu menjadi mediator terkait dengan permasalahan adat yang akhir-akhir ini disalahgunakan dan menjadi pemicu konflik di masyarakat. 
 
Ruang lingkup MoU yang dijajaki terkait pendidikan, penelitian masyarakat adat, pengkajian kebijakan/ regulasi pemerintah yang berpihak kepada masyarakat adat.

Merespons hal ini, Marthinus juga mengutarakan gagasannya untuk mengkaji dampak lanjutan pembangunan kepada warga terdampak pembangunan proyek pemerintah dan nilai-nilai kebangsaan yang luntur sebagai akibat indikasi munculnya primordialisme yg dikaitkan dengan isu etnis dan agama. Keduanya menginginkan adanya kajian bersama untuk diberikan kepada pemerintah. (AAP)
Short link