Kabar Latuharhary

Koordinasi Awal Mitra Pembangunan Pusdahamnas

Tahap pembangunan sistem informasi Pusat Sumber Daya HAM Nasional (Pusdahamnas) tengah memasuki tahap koordinasi dengan mitra. Pada Selasa, 16 Agustus 2022, diselenggarakan rapat koordinasi dengan lembaga mitra terpilih.

Ke sepuluh mitra terpilih tersebut dihasilkan dari rekomendasi survei pemetaan sumber daya HAM yang diselenggarakan oleh Komnas HAM pada Februari hingga Juli 2022, secara daring dan luring.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Sandrayati Moniaga selaku komisioner pengkajian dan penelitian, disampaikan apresiasi atas kerjasama para pihak dalam penyusunan grand desain dan pelaksanaan survei. "Grand desain telah dibahas dan disetujui oleh sidang paripurna Komnas HAM, sehingga tahap selanjutnya adalah melakukan kegiatan tahap lebih lanjut," ujar Sandra.

Mimin Dwi Hartono selaku Plt Kabiro Dukungan Pemajuan HAM menyampaikan dalam paparannya terkait proses penyusunan grand desain dan survei. "Survei dilakukan secara partisipatif untuk membangun sense of ownership atas program Pusdahamnas," jelas Mimin.



Sebagai tindak lanjut, jelas Mimin, diuraikan hasil dan temuan survei sebagai bentuk akuntabilitas Komnas HAM kepada lembaga-lembaga yang telah berpartisipasi didalamnya.

"Berdasarkan hasil survei yang berisi atas tujuh komponen asesmen, pada tahun 2022 akan ada 10 lembaga mitra, terdiri atas tiga lembaga HAM nasional, tiga pusat studi HAM, satu organisasi masyarakat sipil, dan tiga sekretariat Komnas HAM di provinsi," jelas Mimin.

Berdasarkan penjelasan Mimin, peserta yang hadir memberikan respons positif dan berharap bahwa kerjasama akan berlangsung dengan baik, diantaranya dikukuhkan dalam bentuk Nota Kesepahaman. Selain itu, harapan dari Eko Riyadi dari Pusham UII dan Sonya dari Pusham Ubaya, bahwa Pusdahamnas akan menjadi platfrom bersama dalam membangun referensi berbagai dokumen dan laporan HAM.

Damar Juniarto dari Safe Net berharap, bahwa Pusdahamnas tidak hanya sekadar repository, tapi mampu dimanfaatkan bagi peningkatan kesadaran HAM masyarakat.

Selanjutnya, koordinasi akan intensif dilakukan antara Komnas HAM dengan lembaga mitra, termasuk dalam membangun mekanisme bersama dalam sharing data dan dokumen ke dalam Pusdahamnas. (MDH)

Short link