Kabar Latuharhary

BHRT 2022, Pondasi Utama Bagi ASN Komnas HAM


Latuharhary – Pemahaman tentang hak asasi manusia menjadi pengetahuan wajib dasar bagi para pegawai di lingkup Sekretariat Jenderal Komnas HAM RI selaku institusi penegakan dan pemajuan hak asasi manusia.


Komnas HAM RI melalui Biro Umum dan Biro Dukungan Pemajuan HAM menyelenggarakan pengembangan kompetensi secara mandiri melalui  Basic Human Righs Training (BHRT) atau Pelatihan Hak Asasi Manusia Dasar (Pelatihan HAM Dasar) kepada 28 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Sekretariat Jenderal Komnas HAM RI pada 29 Agustus-2 September 2022.


BHRT 2022 ini dibuka secara langsung oleh Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik dan Plt. Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Aris Wahyudi di Kantor Komnas HAM RI Plaza Hayam Wuruk, Senin (29/8/2022).


“Dibutuhkan ketajaman berpikir dari orang-orang yang bekerja di Komnas HAM RI ini untuk melihat fenomena bernegara. Walaupun dengan kemampuan yang terbatas harus bisa menjadikan hak asasi manusia center of discourse. Suatu perubahan yang besar bisa digerakkan dari elemen yang kecil, yaitu anak-anak muda yang “gila” sehingga bisa menorobos hal-hal yang dianggap lazim,” ungkap Taufan.


Ia juga menguatkan semangat para CPNS untuk selalu membuat terobosan dalam memajukan dan menegakkan hak asasi manusia.


Plt. Sekretaris Jenderal Komnas HAM RI Aris Wahyudi menegaskan bahwa pelatihan ini demi mewujudkan nilai-nilai dalam Undang-Undang 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia. “Diklat Basic Human Rights Training ini menjadi fondasi bagi kita di Komnas HAM RI. Mari kita tumbuhkan kompetensi di bidang HAM. Training ini diharap dapat menjadi trigger atau memicu kita untuk sensitif terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hak asasi manusia. Sehingga tujuan untuk mempromosikan, memajukan, melindungi dan menegakkan HAM dapat terwujud,” ungkap Aris.


Ia juga berpesan bagi para CPNS untuk menginternalisasi dan implementasi nilai luhur ASN, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK).


Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Biro Umum Henry Silka Innah, Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia dan Organisasi Delsy Nike, Koordinator Bidang Dukungan Penyuluhan Hari Reswanto serta para Penyuluh Hak Asasi Manusia Rusman Widodo, Yuli Asmini, Dendy Arifianto, Sri Rahayu, Adrianus Abiyoga, dan jajaran kerja terkait. (AAP/IW)
Short link