Kabar Latuharhary

Komnas HAM dan DIHR Terus Memperkuat Kerjasama

Kabar Latuharhary - Sepanjang empat tahun terakhir, Komnas HAM aktif bekerja sama dengan Danish Institute of Human Rights (DIHR) dalam mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) berbasis dan HAM.

Pada 26-30 September 2022, Komnas HAM menerima dan melaksanakan beberapa kegiatan dengan DIHR yang diwakili oleh Soffie di Jakarta. 

Beberapa kegiatan yang diadakan adalah melakukan pertemuan dengan Sekretariat Nasional SDGs yang dipimpin Dr Vivin yang juga menjabat sebagai pelaksana tugas Deputi Bidang Maritim dan SDA Bappenas, pada 27 September 2022. Kemudian pada siang harinya, diadakan pelatihan tentang SDGs dan HAM kepada staf Komnas HAM.

Lantas pada 28-29 September 2022, diselenggarakan workshop tentang kajian atas hak atas pekerjaan yang layak dalam kaitan pencapaian SDGs dan HAM. Kegiatan ini diadakan dengan mengundang para peneliti dari Serikat Pengajar HAM (Sepaham).

Berbagai kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan peran Komnas HAM dalam mendorong pencapaian SDGs dan pemenuhan HAM. Hal ini karena 92 persen isi SDGs terkait dengan HAM, sehingga kerangka kerja SDGs sangat relevan diimplementasikan dalam tugas-tugas Komnas HAM.

Di akhir kunjungan DIHR, Komisioner Sandrayati Moniaga mengucapkan apresiasi atas dukungan dari DIHR pada Komnas HAM dalam memperkuat program SDGs.

Mimin Dwi Hartono selaku Plt Kabiro Dukungan Pemajuan HAM mengharapkan adanya program berkelanjutan dengan DIHR, termasuk dalam pembangunan sistem informasi Pusdahamnas. "Kami tertarik belajar dari DIHR dalam mengembangkan artificial intelegence dalam menganalisis data-data HAM," kata Mimin, yang diamini oleh Sofie yang bersedia untuk diajak bekerja sama. (MDH)
Short link