Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI Kembangkan Jejaring Pemajuan HAM Bersama NHRI Rusia



Latuharhary - Komnas HAM RI mengembangkan jejaring kerja sama dengan The High Commissioner for Human Rights in The Russian Federation melalui penandatanganan Nota Kesepahaman.  

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik dan Chairwomen The High Commissioner for Human Rights in The Russian Federation Prof. Tatiana Moskalkova secara hybrid menandatangani naskah kerja sama di bidang pemajuan dan pelindungan hak asasi manusia, Kamis (3/11/2022).

"Nota Kesepahaman tersebut menandai kerja sama konkret antara kedua belah pihak. Kedua lembaga memiliki pendekatan dan pandangan yang sama tentang pemajuan dan perlindungan HAM,” jelas Taufan.

 Sebagai lembaga independen dari dua negara besar yang memiliki pengaruh di dunia, Komnas HAM percaya bahwa kerja sama ini berkontribusi untuk menciptakan dunia yang lebih baik dan bermartabat.

Jejaring Komnas HAM RI dengan NHRI (National Human Rights Institution) Rusia terjalin sejak 2019.  Formalisasi kerja sama strategis antara kedua NHRI diharapkan mampu menunjukkan peran aktif Komnas HAM RI dalam kerja-kerja hak asasi manusia di tingkat internasional.

Penandatanganan ini dihadiri pula oleh Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga Devi Kusumawardhani dan Subkoordinator Kerja Sama Dalam Negeri dan Luar Negeri Haris Agung Setiawan serta Head of International Bilateral Cooperation Division Slava Tolmachev. (AAP/IW)
Short link