Kabar Latuharhary

Komnas HAM RI Buka Komunikasi terkait Aduan untuk Polri

Latuharhary - Komnas HAM RI menerima kunjungan kerja Staf Ahli Kapolri di Kantor Komnas HAM RI, Kamis (24/11/2022). Pertemuan ini membahas koordinasi dan mekanisme komunikasi antara Komnas HAM dan Polri tentang pelanggaran HAM dan aduan-aduan masyarakat yang berkaitan dengan kepolisian.


Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro memimpin pertemuan yang dihadiri Wakil Ketua Eksternal Abdul Haris Semendawai, Koordinator Subkomisi Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM Anis Hidayah, Komisioner Mediasi Prabianto Mukti Wibowo, Komisioner Pengaduan Hari Kurniawan, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina, serta Komisioner Pengkajian dan Penelitian Saurlin P Siagian.


Diskusi dilakukan terkait mekanisme koordinasi, komunikasi, dan pertukaran informasi sesuai dengan tugas, fungsi, dan peran masing-masing dalam hal pencegahan dan penanganan pelanggaran HAM serta menindaklanjuti aduan masyarakat terkait kepolisian. Pertemuan ini juga memantapkan komitmen bersama dalam melakukan edukasi pemahaman hak asasi manusia kepada seluruh jajaran kepolisian yang diformalisasi melalui Nota Kesepahaman Komnas HAM-Polri pada 20 April 2021.


Diskusi diakhiri penyerahan buku Standar Norma dan Pengaturan (SNP) Hak Asasi Manusia kepada Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Pol. Risyapudin Nursin sebagai pedoman dalam menyusun kebijakan. 


Jajaran staf ahli Polri yang hadir, antara lain Sahli Sosbud Irjen Pol. Nico Afinta, Sahli Jemen Irjen Pol. Adi Deriyan Jayamarta didampingi Penasihat Ahli Kapolri Bidang HAM Nur Kholis, dan jajaran terkait. (AAP/IW)
Short link