Kabar Latuharhary

Kontribusi Komnas HAM RI dalam Forum SEANF: 19th Annual Conference and Meeting

Zamboanga City-Komnas HAM RI menjadi komponen penting dalam pelindungan dan pemajuan hak asasi manusia di kawasan Asia Tenggara. 


Peran tersebut diimplementasikan melalui keanggotaan di forum lembaga nasional HAM the South East Asia National Human Rights Institutions Forum (SEANF). Setelah menghadiri rangkaian dua pertemuan Technical Working Group pada Juli dan September 2022 lalu, Komnas HAM RI berkontribusi dalam 19th Annual Conference and Meeting of  pada 28-29 November 2022. 




Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro yang hadir bersama Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina di Zamboanga City, Filipina memberikan sejumlah masukan. Beberapa isu yang dibahas antara lain kegiatan setiap NHRI periode Oktober-November 2022, implementasi lima kegiatan prioritas Strategic Plan 2022-2026, persiapan perpanjangan MoU Statelessness on Sabah antara Komnas HAM, SUHAKAM, dan CHRP, potensi kerja sama dengan AICHR, ANNI, Plan International Asia Pasifik hingga pengelolaan website resmi SEANF.


Komnas HAM menjadi penanggung jawab program prioritas kelima, yakni membentuk Sekretariat Permanen SEANF yang berlokasi di Jakarta. Pengelolaan website resmi yang dirintis sejak 2020 juga menjadi kontribusi Komnas HAM.


Enam anggota SEANF yang terdiri dari Komnas HAM RI, Suruhanjaya Hak Asasi Manusia (SUHAKAM) Malaysia, Myanmar National Human Right Commission (MNHRC), the Commission on Human Rights (CHR) Philippines, the National Human Rights Commission (NHRC) Thailand, dan Provedoria dos Direitos Humanos e Justica (PDHJ) Timor-Leste berkomitmen menjadikan forum ini sebagai wadah komunikasi bersama mewujudkan penerapan prinsip HAM di kawasan Asia Tenggara.


Salah satu kegiatan kolaboratif kali ini, para delegasi diajak melakukan kunjungan lapangan ke shelter penampungan imigran untuk pemulangan ke Sabah, DSWD Processing Center for Displaced Persons di Zamboanga, City. 


Pada hari terakhir, seremonial penyerahan bendera SEANF menandai serah terima Keketuaan periode 2022-2023 dari CHR Philippines kepada NHRC Thailand. Ketua CHRP Richard Palpal-Latoc memberikan posisi Ketua SEANF kepada Komisioner NHRCT  Suchart Setthamalinee.


"Semoga kerja-kerja yang akan dilaksanakan bersama anggota SEANF dapat dilanjutkan dan ditindaklanjuti oleh Keketuaan SEANF yang baru sebagai sebuah komitmen utama," ujar Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro mengomentari serah terima.


Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Analis Kerja Sama Indah Wulandari, dan Analis Pengaduan Masyarakat Lidya Corry Tampubolon. (IW)

Short link