Kabar Latuharhary

Komnas HAM Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Latuharhary-Komnas HAM menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kantor Komnas HAM Menteng, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Semangat seremonial tersebut dikaitkan dengan peran Komnas HAM dalam membangun kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai pandagan hidup yang mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang hadir menjadi pembina upacara menyampaikan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. “Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.



Inti Hari Kesaktian Pancasila sebagai peringatan atas gugurnya para pahlawan nasional yang berusaha mempertahankan Pancasila sebagai garda bangsa Indonesia. “Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Atnike.

Koordinator Subkomisi Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Sekretaris Jendral Henry Silka Innah, para kepala biro, pejabat struktural dan fungsional serta pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal Komnas HAM turut hadir dalam upacara bertema “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” ini.



Makna dari tema ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya. (RF/IW)
Short link