Kabar Latuharhary

Komnas HAM Bangun Sinergi dengan Pemprov Kalimantan Barat

Singkawang- Komnas HAM membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk pengarusutamaan hak asasi manusia, salah satunya bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

"Dalam rangka mengarustamakan nilai serta prinsip hak asasi manusia, Komnas HAM dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen untuk bekerja sama dalam rangka Pemajuan dan Penegakan Hak Asasi Manusia," ucap Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam rangkaian kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi, Kalimantan Barat, Senin (16/10/2023).

Pemerintahan daerah, menurut Atnike merupakan representasi Negara di tingkat lokal yang bersinggungan langsung dengan warga masyarakat termasuk dalam hal pelindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia.



Atnike juga menjelaskan ruang lingkup kerja sama kedua pihak yang meliputi pendidikan dan penyuluhan HAM, pelaksanaan koordinasi dan konsultasi dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat tentang dugaan pelanggaran HAM di Provinsi Kalimantan Barat.

Kedepan, Komnas HAM bersama Pemprov Kalimantan Barat akan melakukan koordinasi dan konsultasi dalam pembentukan Produk Hukum Daerah yang bertujuan untuk pemajuan dan penegakan hak asasi manusia.

"Kerja sama ini menjadi awal yang baik bagi kedua belah pihak dalam mendorong penghormatan, pelindungan, pemenuhan, pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia," ungkap Atnike.



Dalam kesempatan tersebut, Atnike turut menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Singkawang sebagai tuan rumah Festival HAM 2023. "Kami ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kota Singkawang yang telah menjadi tuan rumah perhelatan Festival HAM 2023 dan sekaligus Ulang Tahun Kota Singkawang ke-22," ucapnya.

Pemilihan Kota Singkawang sebagai tuan rumah, terang Atnike, telah melalui proses seleksi yang matang berdasarkan kriteria indikator regulasi, implementasi regulasi dan penghargaan dari beberapa kota yang diusulkan. (AM/IW)
Short link